Untuk Malang Raya

Banyak pelajaran yang bisa didapat sahabat Kumala Pramesti Arum saat mengikuti ajang Miss Global beberapa bulan lalu di Jatim Park (JTP) 2. Dia menjadi lebih paham terhadap potensi lokal di Kota Batu. Menurut dia, pengetahuan tersebut sudah menjadi tugas bagi peserta maupun para pemenang kompetisi.

Terpilih sebagai batch Malang, dia mempunyai tugas untuk menyinergikan potensi pariwisata di Malang Raya. ”Sebagai Miss Global Malang, saya sering sekali bolak-balik Malang–Batu. Terutama untuk mengenalkan berbagai destinasi wisata di Malang Raya kepada masyarakat,” terang Kumala, sapaan akrabnya.

Baginya, tanggung jawab yang dia emban itu cukup besar. ”Untuk pengembangan sektor pariwisata sinergitas antardaerah memang sangat diperlukan. Kota Malang harus banyak belajar dari Kota Batu, saling membantu serta saling belajar satu sama lain,” jelas perempuan kelahiran 4 Desember 1998 ini.

Bila sukses menjalankannya, Duta Kampus Universitas Merdeka (Unmer) Malang ini optimistis bila pariwisata di Malang Raya akan menjadi role model seluruh destinasi di Indonesia. ”Misal, Kota Malang menjadi destinasi perbelanjaan. Kota Batu dengan wisata pegunungan dan alamnya. Untuk Kabupaten Malang dengan laut dan Gunung Bromo-nya,” tambahnya.

Pewarta : Mochamad Sadheli
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya