Unmer Malang Tingkatkan Kualitas Kerjasama dengan 3 Kampus Negeri Papan Atas Malaysia

KOTA MALANG – Untuk menyukseskan misi Go International Universitas Merdeka (Unmer) Malang, kantor urusan internasional Unmer yang diketuai oleh Pindo Tutuko PhD, mengorganisir kegiatan penandatanganan nota memorandum of understanding (MoU)) antara Unmer Malang dengan UTeM Melaka Malaysia pada 15-16 Juli 2019.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan UTeM ke Fakultas Teknik Unmer pada tahun 2016 lalu. Pada tahun tersebut draf kerjasama akademik sudah mulai disusun. Sebagai informasi tambahan, Fakultas Teknik Unmer Malang memiliki 5 program studi. Yaitu program studi teknik sipil, arsitektur, teknik mesin, teknik industri dan teknik elektro yang terakreditasi B.

Diharapkan dari kegiatan ini akan ada kerjasama aktivitas akademik. Seperti penelitian gabungan, program pertukaran mahasiswa, double degree, short course, dan sejenisnya antara UteM. Pembahasan detail memorandum of agreement (MOA) terkait teknis kerjasama dibahas di hari kedua bersama dengan beberapa fakulti dari UteM Malaysia.

Rombongan Unmer Malang terdiri dari Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., MSI (Rektor), Pindo Tutuko ST., MT., Ph.D (Kantor Urusan Internasional), Dr. Rudi Hariyanto ST, MT. (Wakil Dekan FT bidang akademik dan kemahasiswaan), Ir Fadillah MT (Wakil Dekan FT bidang keuangan dan kepegawaian), Dr.Eng Dani Yuniawan ST., M.MT (Ketua Program Studi Teknik Industri), Dr.Eng Dwi Arman Prasetya ST., MT. (Ketua Program Studi Teknik Elektro), dan Fikri Amrullah S.Kom, M.Sc (Dekan Fakultas Teknologi Informasi).

Penandatanganan MoU antara UTeM dengan Unmer Malang ini dilaksanakan selama 2 hari. Rektor Unmer Malang menandatangani MoU secara langsung bersama dengan UTeM vice chancellor (setara rektor) Prof. Dr. Raha Binti Abdul Rahim beserta staf dan jajarannya. Dan pada agenda hari kedua (tanggal 16 Juli 2019) Rektor Unmer Malang beserta rombongan berkesempatan menjumpai perwakilan representatif dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) di kampus UTM di Kuala Lumpur untuk membahas agenda kerjasama akademik.

Sementara itu di hari yang sama (tanggal 14-17 Juli 2019), rombongan dosen (10 orang) dari Pascasarjana Unmer mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai implementasi kolaborasi riset dan penulisan karya tulis ilmiah di jurnal internasional bereputasi, bekerjasama dengan beberapa profesor senior dari Accounting Research Institute (ARI) yang berlokasi di kampus Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM).

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional (Q3 hingga Q1) bagi para dosen Pascasarjana Unmer Malang. Rombongan dosen dari Pascasarjana Unmer diketuai oleh Prof.Dr. Grahita Chandrarin Msi. Ak. CA.

Dengan adanya tambahan MoU dengan UteM Malaysia ini diharapkan akan semakin memperkuat jaringan kerjasama akademik luar negeri Unmer Malang. (*)

Penyunting: Kholid Amrullah