Unmer Malang Siapkan Lulusan Berkompeten untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si saat sambutan dalam wisuda, Sabtu (20/4)

KOTA MALANG – Hari ini (20/4) Universitas Merdeka (Unmer) Malang menggelar Sidang Terbuka Wisuda Semester Gasal Tahun Ajaran 2018 – 2019 di Gedung Balai Merdeka. Lebih dari seribu wisudawan dari sarjana, pascasarjana dan diploma telah menyelesaikan studi, di antaranya ada 980 wisudawan dari program sarjana.

Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si. mengatakan lulusan Unmer Malang dipersiapkan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Tidak hanya untuk cakupan nasional tetapi juga dalam skala global. Untuk mewujudkan hal tersebut, Unmer berusaha membangun secara intensif pada softskill disamping hardskill.

Dengan target tersebut, kampus di Jalan Terusan Dieng No. 62-64 ini rencananya akan menciptakan tim inkubator kewirausahaan yang bakal mendukung pemasaran produk kreasi mahasiswa. “Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang mendorong ke arah e-entrepreneur,” tegasnya.

Sementara, untuk membangun jaringan kerjasama internasional, para dosen diberi kesempatan untuk melanjutkan studi Doktor (S3) di luar negeri. Tercatat ada sejumlah dosen yang telah menempuh studi di Jepang, Amerika dan Belanda.

Selain dari sisi dosen, mahasiswa pun juga turut mendapatkan dana hibah dari Kemenristekdikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Salah satu PKM yang lolos dari mahasiswa Fakultas Hukum. Dimana PKM tersebut meneliti dasar hukum untuk pergantian transgender. “Topik-topik kekinian seperti ini bagus dan bisa ditirukan oleh mahasiswa lain,” ujar Anwar.

Kualitas Unmer Malang tak perlu diragukan lagi, info terbaru perguruan tinggi ini mendapatkan dana hibah paling banyak atau urutan pertama dari 328 Pergururuan Tinggi Swasta (PTS) di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VII. Ini pencapaian yang luar biasa, karena unmer dapat menyisihkan berbagai PTS bergengsi lain di Jawa Timur.

“Proposal yang didanai Dikti ada sekitar 61 penelitian dan pengabdian masyarakat,” tambah Kepala pusat penelitian dan publikasi ilmiah Unmer Malang Dr. Boge Triatmanto MM.

Perlu diketahui, Unmer Malang terus mendorong akreditasi program studi. Terbaru, akreditasi A diberikan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada Program D3 Keuangan & Perbankan.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah