Unmer Aktif Berdayakan Mahasiswa Asing

MALANG KOTA – Universitas Merdeka (Unmer) Malang turut berkontribusi dalam program Design Thingking (DT) Camp 2018. Acara ini sudah berlangsung sejak 22/7 yang lalu hingga 1/8 mendatang.

Pindo Tutuko, ST MT PhD, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unmer Malang menyampaikan DT Camp 2018 diikuti sebanyak 60 mahasiswa dari 20 negara .

“Hal ini tindak lanjut dari pertemuan Konsorsium Kantor Urusan Internasioal (KKUI) pada 21/2 yang lalu. Sebanyak 60 mahasiswa tersebut ikut untuk membantu memberdayakan potensi ekonomi dan pariwisata di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu,” ujarnya.

Kontribusi Unmer Malang dalam kegiatan yang bertama “Tasting The Natural and Cultural Heritage of Malang” juga bekerjasama dengan Kanazawa University Jepang. Kegiatan ini berpusat di Desa Temas, Kota Batu dan Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang.


“Peserta akan membantu pengelolaan sampah di Desa Temas. Untuk Desa Tambakrejo akan menjadi sarana interaksi dan pembelajaran para nelayan. Kita juga mengundang mahasiswa dari Kanazawa University,” imbuhnya.

Keisuke Terada, salah satu mahasiswa Kanazawa University mengungkapkan, kesempatan mengikuti kegiatan DT Camp ini sebagai bentuk motivasinya dalam mengenal budaya Indonesia. “Saya senang dengan kesempatan ini, selain mengenal lebih dalam tentang budaya Indonesia saya juga ingin membantu mengembangkan potensi yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Di sisi lain, Indra Puspa Negara mahasiswa Unmer Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) dan Gloria Hasiani Trihadi Suwito (Diploma Kepariwisataan) juga turur terlibat dalam DT Camp 2018. Mereka mempresentasikan potensi wisata yang ada di wilayah Malang.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah