Unikama Tumbuhkan Start Up Bisnis Berbasis Teknologi Bareng AWS Educate

KOTA MALANG- Universitas Kanjuruhan (Unikama) terus berusaha menstimulasi jiwa entrepreneur mahasiswanya demi menghadapi era revolusi industri 4.0. Salah satu upaya yang dilakukan Pusat Bisnis dan Kewirausaan Unikama adalah menggelar pelatihan dengan Amazon Web Service (AWS) Educate by Amazone Singapore.

Acara ini digelar Senin (22/4) di Aula Sarwakirti dan mengundang seluruh delegasi fakultas yang ada di Unikama. Untuk pemateri, tak tanggung-tanggung Unikama menghadirkan Head Of AWS Educate, Shang Gao.

Ketua Pusat Bisnis dan Kewirausahaan, Jacobus Wiwin, M.Kom mengatakan, dengan AWS Educate, kurikulum pelatihan, inkubasi di dalam pusat bisnis kewirausahaan dapat mencapai standar internasional. Mulai dari kurikulum, infrastruktur dan teknologi. “Saya ingin mengajarkan juga bahwa bisnis dengan teknologi tidak harus anak IT, tapi semua bisa,” ujarnya.

Infrastruktur yang dimaksud yakni dalam bentuk web service yang rencananya akan dipakai bersama. Mahasiswa Unikama difasilitasi web tersebut oleh AWS untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin. AWS juga akan memberikan modal kredit pertama untuk mahasiswa yang berani memulai.


“Kan biasanya mereka itu bisa dan mau tapi nggak punya uang karena web service mahal. Di sini AWS memfasilitasi web site-nya dan memberi mereka modal kredit. Misalnya mereka diberi modal 500 dolar, dibuat sebagian untuk beli server cloud atau apalah. Digunakan semaksimal mungkin sampai habis, dengan asumsi ketika modal itu habis mereka sudah ada income yang masuk untuk menambal 500 dolar tersebut,” papar dia.

Harapaan Jacobus dengan pelatihan ini, output dari Unikama dapat membangun start up bisnis teknologi yang mampu bersaing. Ia sangat mengidam-idamkan start up ini dapat dimiliki oleh mahasiswa non-IT seperti pariwisata, ekonomi, hingga sastra.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia