Unikama Raih Hibah Peningkatan Mutu Jurnal

MALANG­ – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali meraih hibah bantuan tata kelola berkala ilmiah (BTBI) dari Kemenristekdikti. Ini adalah tahun ketiga kampus tersebut mendapatkan bantuan pembinaan dan peningkatan mutu jurnal elektronik.

Kepala P3U (Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas) Unikama Muhammad Nur Hudha membeberkan, BTBI merupakan program Kemenristekdikti yang ditelurkan sejak 2015. Ada empat kategori bantuan yang diberikan.

Yakni support pengelolaan jurnal elektronik menuju terakreditasi, peningkatan peringkat akreditasi, menuju reputasi internasional, dan bantuan afirmasi pengembangan jurnal ilmiah di wilayah Papua. ”Unikama sendiri mendapatkan hibah BTBI ini sejak 2017,” ujarnya ketika diwawancarai belum lama ini di kampus setempat.

Pertama, Hudha melanjutkan, melalui Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM) yang diterbitkan fakultas ekonomi dan bisnis, selanjutnya Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JPM) dari LPPM, serta yang sekarang ini melalui Jurnal Inspirasi Pendidikan (JIP) yang diterbitkan fakultas ilmu pendidikan. ”Unikama saat ini memiliki 18 jurnal digital.

Dua di antaranya sudah terakreditasi dan lima lainnya terindeks DOAJ,” terang dia. ”Hibah ini akan kami kelola untuk jurnal yang ada di seluruh universitas yang nantinya dapat digunakan bersama supaya yang lain juga ikut maju,” sambung Hudha.



Sementara itu, soal target, Unikama berharap tahun ini minimal ada 5–7 jurnal terakreditasi. Dengan begitu, motivasi dosen untuk menulis semakin meningkat dan tidak berhenti pada laporan hasil penelitian saja.

Pewarta               : ren
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Nenny Fitri
Foto                 : UNIKAMA