Unikama Ingin Lahirkan Next Nadiem Makarim Pendiri Gojek

International Workshop and Public Lecture bertajuk How to Build A World Class Startup, yang diadakan Selasa, (14/5)

KOTA MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali membuktikan kesungguhannya untuk mencetak para entrepeneur muda dari dalam kampus. Lewat International Workshop and Public Lecture bertajuk How to Build A World Class Startup, yang diadakan Selasa, (14/5) siang tadi, Unikama menaikkan targetnya agar mahasiswa bisa membuat startup di lingkup internasional.

Tak tanggung-tanggung, lewat Workshop Internasional dan Kuliah Tamu yang diadakan di Auditorium Multikultural ini, Unikama melalui Business and Enterpreneurship Center (BEC) menggandeng beberapa narasumber di bidang startup, yang salah satunya adalah Max Weber, seorang Professor dari ZHAW Zurich University sekaligus manager program Asean Enterpreneurship Training Program atau AETP.

“Tema yang kita usung sekarang adalah bagaimana membangun startup-startup yang berkelas dunia,” ujar Jacob Win, Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang kepada Radarmalang.id.

Selain itu lewat acara ini, pria yang akrab disapa Win ini berharap Unikama mampu menciptakan The Next Nadiem Makarim. Nadiem Makarim sendiri adalah CEO sekaligus founder salah satu startup besar di Indonesia yakni Gojek.

“Program yang dibawa Weber yakni AETP ini adalah kerjasama Swiss dengan Indonesia untuk mencari startup-startup dari Indonesia yang memiliki value internasional, untuk dibawa ke Swiss dan dibukakan akses ke dunia internasional,” tandasnya.



Selain Weber, Alexander Epifanjanto, perwakilan AETP untuk Indonesia juga dihadirkan. Ditambah Leonardus Ghazali, CEO Startup bernama LedgerNow yang berada di Singapura.

“Harapan kami, dengan mengundang para tokoh startup internasional ini bisa memberikan wawasan untuk civitas akademika Unikama. Memotivasi mereka dan memberikan wawasan bagaimana membangun startup yang berkelas dunia,” tutupnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr H Emil Elestianto Dardak MSc juga sebenarnya dijadwalkan hadir pada acara pagi hari ini. Namun, karena satu dan lain hal, ia berhalangan hadir.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido