Unikama Fokus Tingkatkan Skill Penulisan Jurnal Ilmiah Mahasiswa

KOTA MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang bakal menerapkan kebijakan terkait wajibnya mahasiswa untuk melakukan publikasi jurnal artikel ilmiah. Menyambut kebijakan tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Unikama menggelar Workshop on Article for Journal Publication: Theory and Practice pada 65 calon wisudawannya, Jumat (16/8).

“Selain menyambut kebijakan tersebut. Workshop ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi melalui publikasi,” ujar Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Rizky Lutviana, M.Pd.

Rizky juga menjelaskan, workshop ini bertujuan untuk memperkuat skill menulis ilmiah mahasiswanya yang sebagian telah didapatkan dalam mata kuliah Advanced Academic Writing. “Kan mereka kita ajarkan menulis karya ilmiah tapi lebih fokus skripsi. Di sini (workshop) kita tekankan pada penulisan jurnal artikel,” tuturnya.

Sementara itu salah satu peserta Workshop, Thermutis Paulina mengatakan, workshop tersebut berguna sekali baginya. “Soalnya kita tidak hanya diajarkan menulis jurnal artikel saja, tapi juga disuguhkan membuat judul artikel yang berbobot dan cara mendapat jurnal di internet sebagai pendukung teori yang akan kita gunakan pada artikel yang kita tulis,” tutr Thermutis.

Ia juga mengatakan, kalau workshop kepenulisan seperti ini sangat berguna untuk membantunya menulis jurnal artikel ilmiah.



“Karena selama ini kiya tidak mempunyai pemahaman tentang penulisan artikel sebelumnya. Harapannya diadakan lagi di tahun depan untuk mempermudah adik-adik,” ujarnya.

Pewrta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia