Unikama Dorong Reakreditasi Prodi, Harapkan Prodi Dapat Nilai A

KOTA MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terus mendorong Program Studi (Prodi) mereka untuk mendapat nilai A dalam reakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dr Sudi Dul Aji MSi, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memang menyebut beberapa Prodi di Unikama bakal habis masa berlaku akreditasinya dalam waktu dekat ini.

“Tentu kita dorong semua prodi untuk dapat nilai A di Reakreditasi ini,” papar pria berbadan besar ini. Yang jadi masalah menurut Sudi adalah kini akreditasi memiliki sistem instrumen atau versi baru yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Di mana, instrumen baru tersebut berbasis outcome dan output  IAPS 4.0, atau Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0.

Instrumen yang ditujukan untuk memotret kualitas Perguruan Tinggi Tidak hanya berdasarkan seberapa banyak Perguruan Tinggi memiliki kapasitas akademik tapi juga seberapa banyak mahasiswa didikannya yang dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas akademik tersebut.

IAPS 4.0 ini akan mulai efektif diterapkan 1 Januari 2019 ini bakal lebih memotret keaktifan sebuah mahasiswa ataupun civitas akademika dalam pemanfaatan jurnal, bukan seberapa banyak pembuatan jurnalnya itu sendiri.

Sistem penyelenggaraan Reakreditasi BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online ini sendiri dinamakan SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Beda sistem lawas dan sekarang, mutu lewat bakal lebih dititikberatkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input.

“Dengan adanya format baru ini kita mengundang reviewer atau asesor untuk menjelaskan borang baru ini karena harus ada 9 kriteria yang harus dibuat secara online,” tambah Sudi.

Walaupun menurutnya banyak aspek yang harus dipersiapkan.”Sebelum habis masa akreditasi, butuh 6 bulan yang harus dipersiapkan institusinya,” tutupnya.

Maka dari itu, Senin, (22/7) pagi sampai siang ini tadi, dihadiri hampir semua Dosen, Kaprodi Unikama di Ruang Abdoel Radjab diadakan sosialisasi mengundang langsung pembicara yang mana juga seorang asesor yakni Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD. Para civitas akademika dan Joniarto pun saling bertukar informasi lewat tanya jawab.

Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si pun hadir langsung dalam acara ini tadi. Ia senang para dosen dan pengelola Prodi di Unikama bisa aktif tanya jawab dengan narasumber untuk kebaikan Unikama ke depan.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido