Unikama Dorong Praktik Konselor Lewat Medsos

MALANG KOTA – Para konselor mulai sekarang hendaknya bisa memanfaatkan teknologi demi keberhasilan konselingnya. Itulah yang kemarin disampaikan Prof Dr Nur Hidayah MPd, penulis buku dan Dosen Universitas Negeri Malang (UM) dala workshop dan seminar BK dengan tema “Aplikasi Cyber Couseling Kognitif Behavioral Bagi Konselor di Sekolah”, di Auditorium Multikultural UNIKAMA, pada Selasa (30/1).

Dalam kegiatan yang diadakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) itu dihadiri oleh mahasiswa dan guru BK SMA-SMK se-Malang Raya dan luar Malang seperti Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.

Dalam presentasinya, Nur Hidayah menjelaskan, ada tiga indikator sukses sebuah konseling. Yaitu, konseling berbasis dunia maya, media konseling dan respons positif. Kegiatan konseling lanjut dia, akan sukses jika berbasis dunia maya dengan menggunakan media konseling ICT seperti Whatshapp, e-mail hingga videocall.

Di era milenial, lanjutnya, setiap individu memiliki media social. Maka itu harus diberdayakan konselor untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Mengingat adanya ketidakseimbangan antara konselor dan siswa. ”Konselor tidak hanya menguasai teori dan praktiknya. Tetapi, harus siap menghadapi perubahan-perubahan,” ujarnya.

Sedangkan Kaprodi Jurusan Bimbingan dan Konseling Unikama, Leny Latifah M Pd Kons menyampaikan, konselor harus sudah mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan di lapangan.



Pewarta: Luluk Mukarromah
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Luluk Mukarromah