Ungkap Pembobolan Toko Emas, Polisi Periksa 7 Saksi

Untuk mengungkap pelaku pembobol toko emas Barokah di Pasar Terpadu Dinoyo (PTD), polisi memeriksa tujuh saksi. Hasil keterangan dari saksi-saksi tersebut akan digabungkan dengan barang bukti (BB) yang ditemukan polisi saat olah tempat kejadian perkara (TKP).

MALANG KOTA – Untuk mengungkap pelaku pembobol toko emas Barokah di Pasar Terpadu Dinoyo (PTD), polisi memeriksa tujuh saksi. Hasil keterangan dari saksi-saksi tersebut akan digabungkan dengan barang bukti (BB) yang ditemukan polisi saat olah tempat kejadian perkara (TKP).

”Kami sudah periksa tujuh saksi,” ujar Kasatreskrim Polres Malang Kota AKP Heru Dwi Purnomo kemarin (16/6).

Seperti diberitakan, toko emas Barokah di lantai I PTD dibobol maling Kamis (15/6) pukul 01.00. Emas yang dipajang di etalase dan di brankas disikat habis. Total emas yang digondol maling tersebut seberat 2,5 kilogram dengan kerugian ditaksir lebih dari Rp 1 miliar.

Ketujuh saksi yang diperiksa yaitu, korban, petugas keamanan pasar, dan pedagang. Polisi juga masih berkoordinasi dengan pengelola pasar. Heru berjanji secepatnya akan mengungkap pelaku. ”Sementara ini belum bisa kami simpulkan,” kata mantan kasatreskrim Polres Gresik itu.

Heru menyatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim penyidik gabungan dari Polres dan Polsek Lowokwaru. Dari hasil penyidikan sementara, Heru menduga pelakunya profesional. Menurutnya, sangat dimungkinkan ada motif lain selain pencurian emas.

Meski sudah memeriksa tujuh saksi, Heru akan terus meminta keterangan dari pihak lain yang bisa memberi data. Semakin banyak data dan keterangan yang diperoleh, akan semakin memudahkan polisi untuk mengungkap kasus pembobolan toko emas tersebut.

Sementara itu, sumber Jawa Pos Radar Malang di internal kepolisian menyebutkan, kasus pembobolan toko emas tersebut dilakukan jaringan lama. Indikasi itu terlihat dari rapinya pembobolan. Padahal, toko emas Barokah berada di kawasan ramai. ”Sepertinya jaringan lawas yang kumat. Ditunggu saja perkembangan dari polisi,” kata sumber tersebut. (jaf/c1/dan)