UMM Pamer 21 Karya Mahasiswa

MALANG KOTA – Berbagai karya berupa inovasi maupun modifikasi mahasiswa terpajang di aula GKB 4 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin (2/1). Karya itu merupakan hasil penelitian mahasiswa Jurusan Psikologi UMM dari angkatan 2015–2018 lalu.

Total ada 21 stan yang menyuguhkan karya di ajang gelar karya mahasiswa Psikologi UMM bertajuk ”Mahasiswa Psikologi UMM: Bernalar Kreatif, Inovatif, dan Aplikatif” tersebut. Di antaranya hasil penelitian tentang gratitude, happiness dan forgiveness dari 10 suku di Indonesia, resolve parenting stress, dan promosi kesehatan masyarakat media sosial (medsos).

”Kegiatan ini bagus untuk mewadahi kreativitas mahasiswa,” ujar Fahmi Sam, salah satu peserta gelar karya, kemarin.

Sementara itu, Ketua Panitia M Fath Mashuri menyatakan, jumlah peserta yang menyuguhkan karya di ajang tersebut sudah terseleksi. ”Kami seleksi dulu dan terpilih itu (21 stan) untuk ikut,” ucap pria asal Makassar ini.

Jumlah tersebut, dia menyatakan, dari semester I, III, V hingga VII. Sedangkan jumlah mahasiswanya mencapai sekitar 1.200 orang. ”Ada empat angkatan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap semester. Tujuannya untuk memfasilitasi karya-karya mahasiswa. ”Kami ingin karya mahasiswa bisa disebarluaskan. Ya agar lebih bermanfaat,” terang dosen UMM ini.

Karya tersebut nantinya juga terus disempurnakan oleh tim Fakultas Psikologi UMM. Sehingga, karya tersebut bisa lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekditi. ”Harapannya tiap angkatan ada satu sampai dua tim yang lolos (PKM pusat),” harap dia.

Pewarta            : Imam Nasrodin
Copy Editor       : Amalia Safitri
Penyunting        : Mahmudan
Fotografer         : Darmono