Uji Beban, 44 Truk Sengaja Diparkir di Jembatan Musi IV

JawaPos.com- Sebanyak 44 truk bermuatan pasir basah bakal terparkir di Jembatan Musi IV. Truk yang memiliki bobot 35 ton per unit ini sengaja terparkir di sana untuk menguji beban jembatan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV Palembang Suwarno mengatakan, proses uji beban ini merupakan tahapan terakhir sebelum jembatan diresmikan pada akhir bulan nanti. Nantinya, skema pengujian beban dengan cara memosisikan truk di bentang tengah dan tepi jembatan.

20 truk diparkir di bentang tengah. Sedangkan 24 truk akan diparkir di dua sisi bentang tepi jembatan, masing-masing 12 truk pada satu sisi. “Setelah itu akan dilihat bagaimana kondisi jembatan saat diberikan beban,” katanya, Selasa (12/12).



Pihaknya akan mengevaluasi lengkungan jembatan saat mendapat beban puluhan truk tersebut. Untuk bentang tengah lengkungan tidak boleh lebih dari 17,5 cm. Sedangkan untuk bentang tepian, lengkungan tidak boleh lebih dari 8,3 cm.

Jika nantinya dalam uji beban ini, lengkungan jembatan melebihi standar ukuran berat yang ditetapkan, maka akan dilakukan penyetelan ulang. “Proses uji beban ini juga melibatkan akademisi dari tujuh universitas dan komisi jembatan kementerian,” jelasnya.

Uji beban telah dilakukan mulai kemarin malam (11/12). Dan akan berakhir besok (13/12). Uji beban dilakukan mulai pukul 21.00-10.00 WIB setiap harinya.

Pemilihan waktu tersebut berdasarkan suhu udara yang bisa mencapai 24 celcius. Jika siang hari, suhu udara mencapai 32 celcius, sehingga lengkung jabatan tidak sesuai dengan rencana awal. “Kami harap proses uji beban ini berjalan lancar. Sehingga bisa dapat dioperasionalkan secepatnya untuk mengurangi beban jembatan Ampera,” tutupnya

(lim/JPC)