UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta Jadi Jawara Puisitisasi Alquran

Para pemenang lomba puitisasi Alquran di PIONIR IX

KOTA BATU – Juara lomba puitisasi Alquran pada Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX yang digelar di Hall Lippo Plaza Batu telah diumumkan. Fid’ulmu Fida mahasiswa asal Universitas Islam (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta terpilih sebagai jawara sedangkan untuk juara kedua diraih oleh Agustika Dwi Safira mahasiswa UIN Surakarta dan juara ketiga didaptkan oleh Alfiansyah mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.

“Persaingannya cukup ketat. Tidak seperti pada babak penyisihan kemarin,” ujar Fakhrul Khakim salah satu juri lomba puiitisasi Alquran. Ia mengungkapkan setiap peserta pada hari ini dikhususkan mengusung tema Nabi Muhammad SAW.

Fakhrul menerangkan penilaian terhadap setiap peserta difokuskan pada nilai syair, mimik, dan kontrol emosi dalam berpuisi. Pada syair mendapatkan skor total 50, mimic mendapatkan skor total 30, dan kontrol emosi mendapatkan skor total 20.

Sementara itu Fida’ulmu Fida mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangfka menjadi juara pada lomba puitisasi Alquran tersebut. “Sempat pesimis. Soalnya penampilan pesaingnya bagus-bagus. Tetapi Alhamdulillah berkat suntikan semangat dari teman-teman dan keluarga sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” tukas Fida.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar