UIN Maliki Pimpin Klasemen

MALANG KOTA – Persaingan multievent Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) IX yang berlangsung di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang berlangsung sengit. Sampai hari ke-2 kemarin (17/7) tuan rumah masih memimpin perolehan medali.

Di multievent bergengsi yang diikuti 3.292 peserta dari 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) se-Indonesia tersebut, UIN Maliki telah memperoleh 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. Disusul UIN Sunan Kalijaga yang memperoleh 2 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Warek III UIN Maliki Malang Drs H. Isroqunnajah MAg mengatakan, target utama sebagai tuan rumah adalah bisa membuat penyelenggaraan dengan baik.

Namun, dia melanjutkan, tentu UIN juga ingin sebagai juara umum. ”Sebenarnya bukan kelaziman setiap tuan rumah mesti juara umum, karena itu kami hanya ingin menunjukkan pada banyak orang Malang menjadi tuan rumah yang baik,” kata dia.

UIN Maliki Malang sendiri, jelas dia, mengirimkan kekuatan penuh di Pionir ini. ”Semua cabang lomba kami ikuti, dan saya kira bisa menjadi juara umum,” kata pria yang akrab disapa Gus Is ini.



Lebih lanjut, di Pionir edisi ke-9 ini ada sekitar 10 tambahan lomba baru yang sebelumnya tidak ada. ”Seperti musikalisasi hadis, itu kami yang mengusulkan,” kata dia.

Karena diterima dan disetujui sebagai lomba, Gus Is cukup optimistis peserta dari UIN Maliki Malang bisa menjadi juara. ”Karena kami yang menginisiasi ya seharusnya kami yang (punya peluang besar) juara,” lanjut alumnus Pondok Lirboyo ini.

Selain itu, ada lempar pisau, debat ilmiah, dan lain-lainnya. Tuan rumah juga punya cabang lomba andalan. ”Salah satunya kami ada voli yang jadi andalan,” pungkasnya.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib