UIN Malang Tuan Rumah PIONIR IX, Perhelatan Akbar Kampus Islam Negeri se Indonesia

KOTA MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bersiap menatap Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX tahun 2019. Sebagai salah satu peserta sekaligus tuan rumah, UIN Malang menargetkan juara dan mampu melangsungkan event tersebut dengan baik.

UIN Malang siap jadi tuan rumah PIONIR IX 2019

Hal itu disampaikan langsung oleh sang Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag saat ditemui radarmalang.id beberapa hari yang lalu.

“Ya untuk PIONIR. kita akan selenggarakan sebaik mungkin dan targetnya juara umum ya,” ujar rektor yang suka menulis puisi tersebut.

Sepakat dengan pernyataan pimpinannya, kepala bagian kemahasiswaan UIN Malang, Abdul Aziz, M.Pd menuturkan, pihaknya selain mementingkan juara umum, juga berharap menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tersebut.

“Bagi saya menjadi juara itu penting, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya saat dihubungi radarmalang.id.



Sebab, lanjut Aziz, tujuan utama PIONIR IX adalah menjadi ajang silaturahmi bagi mahasiswa-mahasiswa PTKIN, sekaligus menjadi barometer mahasiswa dalam kemampuan olahraga, ilmiah dan seni.

“Karena tujuan utama event PIONIR ini adalah silaturahmi antar mahasiswa PTKIN se Indonesia, sekaligus mengukur prestasi mereka dalam ajang ilmiah, olahraga, seni dan riset antar PTKIN,” imbuh dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tersebut.

Sementara itu, Aziz mengatakan PIONIR IX yang akan digelar pada 15-21 Juli 2019 mendatang telah mencapai 60 persen dalam hal persiapan.

“Iya sudah 60 persen lah kira-kira,” singkatnya.

Persiapan-persiapan tersebut salah satunya adalah membentuk Liason Officer (LO) yang terdiri dari mahasiswa UIN Malang. LO tersebut nantinya bertugas menjadi pemandu para tamu yang hadir di UIN malang.

Jumlahnya, menurut data yang diterima dari Aziz, sekitar 400-an mahasiswa yang sudah direkrut menjadi LO. Mereka akan ditempatkan di berbagai cabang yang diperlombakan di PIONIR IX.

Pewarta : Bob Bimantara Leander
Penyunting : Kholid Amrullah