UIN Malang Tambah Kuota Mahasiswa Baru, Prodi Apa Saja?

KOTA MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang tahun ini bakal menambah kuota pendaftar S1. Penambahan kuota itu bersamaan dengan pengajuan penambahan prodi di jenjang S1, S2 maupun S3.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Abdul Haris, M.Ag mengatakan penambahan prodi kini telah diajukan dan menuju proses submit di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Prodi-prodi itu di antaranya S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Psikologi, S2 Teknik Informatika. Jenjang doktor ada S3 Hukum Keluarga dan S3 Ekonomi Syariah.

“Di kampus kami ada 400 mahasiswa asing dari 32 negara, mereka ingin belajar bahasa Indonesia. Nah tapi kan UIN Malang belum punya jurusan bahasa Indonesia, ini kita ajukan,” bebernya.

Sementara itu UIN Malang juga mengadakan penambahan kuota jenjang S1. Masih belum dipastikan kuota jenjang apa. Yang jelas jika setiap tahun ada 3672 mahasiswa baru, kuota tahun ini akan ditambah 120 mahasiswa.

“Sebelumnya selalu stay di 3600 karena infrastrukturnya kan kurang. Tahun ini ditambah 120 mahasiswa karena jurusan farmasi dan kedokteran akan digeser ke kampus 2,” tambahnya.

Selain itu, penambahan kuota ini juga dipertimbangkan karena tingginya minat calon mahasiswa baru di UIN Malang. Haris mengatakan untuk 2019 saja ada 110 ribu calon mahasiswa yang mendaftar di UIN Malang.

“Artinya kurang lebih hanya 5 persen yang diterima. Ini kami sangat sedih ya. Maka dari itu kami upayakan terus meningkatkan infrastrukturnya,” tutup dia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: istimewa
Editor : Indra M