UIN Malang Mewisuda 200 Mahasiswa yang Hafal Alquran Juz 30

Rektor UIN Malang memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang hafal quran juz 30

KOTA MALANG – Sebanyak 200 an mahasiswa UIN Malang yang telah hafal Alquran juz 30 diwisuda Kamis (16/5). Kesemua mahasiswa tersebut merupakan mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA).

Proses menghafal Alquran bisa dikatakan tidak mudah. Sebab, mahasiswa atau yang biasa disebut mahasantri itu juga harus membagi waktunya untuk program bahasa Arab sekaligus kuliah reguler.

Tidak berlebihan, jika Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Pd mengungkapkan kebanggaannya terhadap ke seluruh hafidz-hafidzoh yang merupakan mahasiswa semester dua.

“Saya bangga terhadap hafidz-hafidzoh ini. Kalau bisa tahun depan diwajibkan seluruh mahasantri hafal juz 30 semua,” kata pri yang juga mantan ketua LP Ma’arif Jawa Timur itu di hadapan para mahasantri yang hadir di acara buka bersama dan khotmil quran.


Selain itu, ia menambahkan, selepas dari ma’had para mahasantrinya mampu mengimolementasikan nilai-nilai Islam yang dipelajari di MSAA. “Yang terakhir yang paling penting, kepribadian muslim di Ma’had terwujud.
Pikiran perasaan dan perilaku kesehariaan semua terinternalisasi dengan nilai-nilai keislaman,” ujarnya saat memberi sambutan di acara yang bertempat di Sport Center UIN Malang.

Perlu diketahui, khotmil quran merupakan kegiatan yang diselenggarakan UIN Malang setiap bulannya. Para hadirin sebagian besar merupakan mahasantri dan tak jarang pula ada mahasiswa UIN Malang semester atas.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Bob Bimantara Leander