UIN Malang Lepas 800 Wisudawan, 558 di Antaranya Cumlaude

KOTA MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim melepas 800 mahasiswa dari berbagai fakultas, Sabtu (25/1). Dengan rincian 341 wisudawan dan 459 wisudawati.

Dalam wisuda kali ini sebanyak 558 mahasiswa di antaranya lulus dengan predikat cumlaude. Mereka adalah mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi sarjana strata 1 (S1) dan Pascasarjana (S2).

Tak hanya kategori cumlaude, ada pula mahasiswa yang lulus dengan hafalan Quran terbaik. Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr H M Zainuddin, MA, mengatakan ada sepuluh mahasiswa yang lulus dengan hafal Al Quran atau hafidz/ah.

“Ada 10 mahasiswa yang lulus dan hafal Al-Qur’an. Campuran, dari berbagai fakultas dan daerah. Seluruhnya kami apresiasi dan kami bangga dengan mereka,” katanya.

Ia menjelaskan mahasiswa yang diwisuda hari ini tidak hanya dari dalam negeri. Namun juga mahasiswa dari berbagai negara. Mulai dari Rusia, Malaysia, Thailand, daerah Timur Tengah, dan lainnya.

Perlu diketahui, wisuda tahun ini termasuk periode satu yang dijadwalkan sejak tahun 2019 lalu. UIN Malang membuka empat gelombang wisuda yang ditentukan dengan kuota sebanyak 800 setiap periodenya.

Khusus wisuda kali ini, mahasiswa yang cumlaude mencapai 66 persen dari total mahasiswa yang diwisuda. Turut hadir Rektor UIN Malang, Ketua Senat Universitas, Jajaran Dekan, Wali Mahasiswa, dan undangan lainnya.

Rapat Terbuka Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana UIN Malang ini berlangsung haru. Satu per satu mahasiswa dipanggil, diberikan ijazah dan ucapan selamat dari Rektor. Komunitas paduan suara milik UIN Malang mengiringi prosesi ini.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Humas UIN Malang

Editor : Indra M