UIN Kukuhkan Dua Gubes

MALANG KOTA – Jumlah guru besar (gubes) Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang bertambah dua lagi. Mereka adalah Prof Dr Hj Umi Sumbulah MAg dan Prof Dr M Nur Yasin MAg yang akan dilantik hari ini.

Prof Dr Hj Umi Sumbulah MAg menyampaikan syukur atas tercapainya gelar guru besar tersebut. Sehingga, apa yang diraih tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan UIN Maliki. ”Saya berharap bisa mendedikasikan ilmu saya di pascasarjana UIN Malang,” kata profesor wanita ketiga di UIN Maliki Malang ini, kemarin.

Dia juga berbagi cerita tentang disertasi yang mengantarkan dirinya meraih gubes. Yaitu tentang ”Potensi Wanita dalam Menghadapi Radikalisme”.

Inti dari karya ini adalah wanita memiliki potensi besar dalam menanggulangi radikalisme. ”Wanita dapat mendidik anaknya dalam memberikan pemahaman pluralisme dan menangkal paham radikal,” ungkap dia.

Sementara itu, Prof Dr M Nur Yasin MAg menyampaikan, apa yang diraih merupakan hasil perjuangan akademik bersama keluarga besar UIN Maliki Malang. Sehingga, dia bersedia mendampingi dosen yang ingin mengajukan diri sebagai guru besar.



Yaitu pendampingan dalam bentuk metodologis maupun substantif. ”Sebagai tanggung jawab saya sebagai guru besar, ya saya akan banyak melakukan pendampingan,” terangnya.

Yasin mengangkat disertasi tentang arbitrase syariah. Yaitu rekonstruksi norma putusan arbitrase syariah terhadap ekonomi syariah di Indonesia. ”Kalau hukum diambil dari keadaan dan kebutuhan masyarakat, maka undang-undang akan kuat dan tidak sedikit-sedikit diubah,” ungkap guru besar hukum ekonomi syariah ini.

Pewarta : Eri
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin