Tunjukan Kota Malang Ramah Pendatang, Pemkot dan Kemenkopolhukam Ajak Warga Olahraga Bareng

KOTA MALANG – Kementrian Politik Hukum dan HAM bekerja sama dengan Pemkot Malang akan menggelar sebuah event Basket besar dalam waktu dekat ini. Event tersebut bakal melibatkan ribuan masyarakat dan mahasiswa dari Universitas di Kota Malang di CFD Jalan Ijen rencananya.

Hal itu diketahui dalam Rapat Koordinasi Fungsi Bimbingan Masyarakat Kemenkopolhukam di ruang rapat Wali Kota Malang, Kamis (10/10).

“Jadi nantinya kita akan gathering, Basket dan juga olahraga lainnya bersama-sama dengan masyrakat dan mahasiswa dari seluruh universitas di kota Malang termasuk yang dari Papua. Rencananya di CFD yang bisa menampung 3000 lebih orang, kita akan viralkan olahraga tersebut,” jelas Sutiaji.

Bukan tanpa alasan Sutiaji ingin memviralkan olahraga bersama itu. Pasalnya, kata Sutiaji, Pemkot Malang bersama Kemenko Polhukam ingin menunjukan bahwa Kota Malang ini ramah pendatang.

“Kan kemarin Malang sempat ada isu Papua yang tidak kondusif. Padahal itu tidak benar. Kita ingin menunjukan bahwa Malang ini ramah terhadap pendatang dari manapun dengan acara olahraga bareng ini,” tuturnya.



Sementara itu, Asisten Deputi 1/V Kamtibmas Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro menambahkan alasan memilih olahraga. Dikatakannya, olahraga adalah simbol yang dapat mempersatukan masyarakat terlepas dari suku rasa atau budaya yang berbeda.

“Makannya kita pilih itu supaya ini menunjukan kota Malang ini bersatu,” tuturnya.

Untuk tanggalnya sendiri masih belum diketahui kapan pastinya. “Antara akhir Oktober kalau nggak awal November lihat aja ini kan masih dibicarakan akan ada rapat lagi,” tuturnya.

Dalam acara tersebut terlihat pula Pimpinan beberapa Universitas di kota Malang, serta jajaran Pimpinan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kota Malang.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: dok JPRM
Peyunting: Fia