”Tumbal” Mahesa Jenar, Agil Akhiri Kompetisi

MAGELANG – Sudah kalah besar, memakan korban pula. Itulah yang dialami skuad Arema FC pada laga lawan tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Minggu (8/12). Selain kalah 1-5, wing back andalannya, Agil Munawar, juga cedera lutut.

Bahkan diperkirakan, mantan penggawa PS TNI itu tidak bisa tampil di tiga laga sisa kompetisi Liga 1 2019. Pemain muda asal Bandung itu mengakhiri kompetisi lebih cepat.

Fisioterapi Sport Tim Arema FC, David Setiawan, menjelaskan, apa yang dialami Agil di laga kontra PSIS adalah cedera lama kambuh. ”Agil kembali mengalami cedera pada lutut kirinya,” terang pria asal Jambi tersebut.

Dia menambahkan apa yang dialami Agil kemarin adalah buah dari salah tumpuan si pemain saat hendak merebut bola.

Lebih lanjut, David mengaku cedera yang dialami Agil di laga melawan PSIS Semarang adalah yang ketiga. ”Sebelumnya dia mengalami masalah yang sama saat berhadapan dengan PSM Makassar (2/10) lalu dan Borneo FC awal musim lalu (2018),” terang alumnus Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Berkat hal itu, David menuturkan kalau Agil akan menjalani pemeriksaan dan berpotensi naik meja operasi. ”Diagnosis awal, ya sampai akhir musim sudah tidak bisa main. Dan kemungkinan akan disarankan untuk operasi agar segera pulih,” ujar sport therapist Arema itu.

Kondisi tersebut membuat Agil pulang lebih cepat. Pemain berusia 23 tahun itu kemarin usai laga melawan PSIS langsung pulang ke Malang. Bersama dokter tim, Nanang Tri Wahyudi, akan melakukan magnetic resonance imaging (MRI) untuk melihat bagaimana kondisinya.

Menepinya Agil Munawar tersebut, membuat pemain Arema FC yang mengalami permasalahan kaki bertambah. Sebelumnya, Jayus Hariono juga terpaksa menepi lantaran mengalami cedera ligament PCL (posterior cruciate ligament).

Lalu Dedik Setiawan juga harus rela tidak bisa memperkuat tim Singo Edan karena cedera anterior cruciate ligament (ACL). Kapten tim Hamka Hamzah juga harus menepi karena mengalami permasalahan pada hamstringnya.

Dalam perjalanannya di Liga 1 2019, Agil Munawar sudah bermain sebanyak 14 kali. Di mana 10 kali tampil sebagai starter dan 4 turun sebagai pemain pengganti. Pemain asal Bandung itu juga bisa dikatakan multiposisi. Dia pernah dimainkan di posisi back kanan dan kiri. Lalu juga sempat bermain sebagai seorang gelandang tengah.

Pewarta : Galih Prasetya
Penyunting : Abdul Muntholib