Tuding Menyalin Lirik, Situs Pusat Lirik Genius Tuntut Google

RADARMALANGID – Tak disangka, perusahaan teknologi raksasa Google terjegal kasus plagiasi. Di awal tahun ini, situs pengunggah lirik lagu Genius menuding Google menyomot konten milik Genius dan memublikasikannya tanpa izin.

Melansir Pitchfork (6/12), baru-baru ini Genius secara resmi menggugat Google dan LyricFind, perusahaan asal Kanada yang menjadi partner Google dalam menampilkan hasil pencarian lirik lagu di mesin pencari tersebut, dengan masing-masing berupa US$ 50juta.

Dalam dokumen tuntuan tersebut, Genius mengungkapkan bahwa Google LLC dan LyricFind tertangkap basah menyalahgunakan konten dari situs web Genius, dan melanjutkan tindakan eksploitasi tersebut untuk keuntungan finansial mereka dan mengakibatkan kerugian pada pihak penuntut (Genius).

Dugaan Genius pada perusahaan mesin pencari tersebut berusaha dibuktikan dengan mengungkap trik watermark yang digunakan oleh Genius, yaitu menggunakan tanda kutip lurus dan melengkung. Menanggap hal tersebut, Google mengatakan bahwa lirik lagu tersebut disadur dari berbagai sumber, salah satunya LyricFind.

Sementara, LyricFund telah buka suara bahwa perusahannya menyalin konten tersebut dari Genius/ “Kami tidak (mengambil) sumber lirik dari Genius,” ujar Darryl Ballantyne, Chief Executive dari LyricFind, dikutip dari Pitchfork (6/12).

Disebut oleh Genius, tindakan semacam ini tidak hanya melukai persyaratan yang sesuai dengan perjanjian, tetapi juga telah meraup keuntungan dari ‘sepuluh tahun dan puluhan juta dolar’ yang dihasilkan Genius, serta menciptakan lingkungan kompetisi yang tak adil. Situs pusat lirik lagu ini telah menjadi rujukan utama bagi penggemar musik selama 10 tahun.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia