Tuan Berulah, Cara Dinsos Kota Batu Layani Lansia

KOTA BATU – Peduli keadaan Lansia di Kota Batu, Dinas Sosial melakukan Bantuan Bersih – bersih Rumah Tak Layak Huni (TUAN BERULAH). Setidaknya ada 2 warga yang beruntung mendapatkan fasilitas tersebut, yaitu Kustiyah (68) warga Desa Junrejo dan Surati (68) warga Desa Mojorejo.

Tak hanya dibersihkan, tapi Dinsos juga memberikan fasilitas baru bagi keduanya.

“Kita ada program bedah rumah tidak layak huni. Kita buatkan kamar mandi dalam kamar, agar tidak perlu jalan jauh kalau butuh buang air kecil, dan yang lainnya. Juga kita perbaiki sesuai dengan apa yang dibutuhkan agar hidupnya layak,” ungkap Kabid Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Batu, Lilik Fariha.

Lilik menambahkan program bedah rumah dan pembersihan rumah tersebut sudah kali keempat dilaksanakan dalam setahun ini. Kali ini bertepatan dengan Hari Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018.


“Tahun ini di Batu baru empat titik. Diantaranya Desa Sumberbrantas, Bulukerto, Mojorejo, dan Junrejo,” rincinya.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap para lansia bisa terbantu dengan pembenahan dan pembersihan rumah itu. “Setidaknya mereka bisa menghabiskan masa tuanya dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kordiv Posko Tanggap Bencana (Tagana) Kota Batu, Karjono mengatakan dalam pelaksanaan pengerjaan tersebut melibatkan tim dari pilar-pilar sosial. “Dari kami tim Tagana, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), masyarakat setempat dan yang lainnya turut serta membantu pelaksanaan perbaikan tersebut,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia