Try Out Kejujuran Santuy Tapi Serius ala SD Kristen Charis

KOTA MALANG – Try Out Kejujuran yang diadakan Jawa Pos Radar Malang benar-benar mendobrak pakem ujian. Bila biasanya ujian ataupun Try Out yang dilangsungkan sekolah terkesan kaku, lain hal yang terlihat dalam ajang Try Out hasil kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang itu, Jumat, (14/2).

Siswa-siswi SD Kristen Charis nampak santai saat kerjaan soal. Mereka tersebar. Ada yang di kantin, di kelas, taman sekolah hingga gazebo dekat kantin. Ada yang memilih sendirian, ada juga yang memilih berkelompok. Bebas.

Walau berlangsung santai, mereka serius kerjakan soal. Sepuluh menitan radarmalang.id ada di sekitar, mereka bahkan tak terlihat saling menyontek. Semuanya serius kerjaan 75 soal yang ada.

“Saya rasa ini bagus sebagai bentuk latihan anak-anak menghadapi ujian. Anak-anak bisa lebih bebas dan merdeka. Tapi merdeka pun bukan berarti tidak ada batasan,” tukas Susane Ikawati
Kepala Sekolah SD Kristen Charis.

Susane mengapresiasi model ujian yang dirasa lebih santai dan merdeka. Siswa memang dibebaskan mengerjakan dimana saja. Hanya saja, ia menempatkan satu teacher di lokasi yang berdekatan dengan lokasi siswa mengerjakan soal.

“Bukan untuk menjaga, hanya mengawasi saja. Karena pasti ada pengkodisian anak-anak biar tidak hilang kemana-mana,” candanya. Luasnya sekolah jadi alasan tersendiri.

Total 54 siswa dari kelas 6 ikuti gelaran yang rutin diadakan Jawa Pos Radar Malang tiap tahunnya. Totalnya 3 rombongan belajar yang masing-masing berisi sekitar 20 siswa.

Ya, hari ini hampir seluruh siswa SD/MI se-Malang Raya mengerjakan soal Try Out Kejujuran lewat koran Jawa Pos Radar Malang. Siswa harus menjawab total 75 soal yang tersaji yang terdiri dari 25 soal matematika, 25 soal IPA, dan 25 soal Bahasa Indonesia.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia