Try Out Kejujuran Jawa Pos Radar Malang, Bentuk Implementasi Merdeka Belajar

KOTA MALANG – Jumat (14/2) pagi siswa SD/MI se-Malang Raya serentak mengikuti Try Out Kejujuran Jawa Pos Radar Malang. Try out ini mendapat apresiasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Dra Zubaidah mengatakan, try out merupakan implementasi dari Merdeka Belajar, yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

“Ya ini merupakan implementasi merdeka belajar, bagaimana mereka berproses dengan cara menyenangkan,” ungkapnya saat meninjau pelaksanaan try out di SDN Kauman 2 Malang pagi ini.

Ya sebanyak 47.740 peserta try out ini memang dibebaskan mengerjakan soal dimanapun. Seperti yang terlihat di SDN Kauman 2 Malang, 60 siswa mengerjakan 75 soal di teras kelas dan gazebo.

“Anak-anak ini kalau di luar gini kan terlihat senang, nggak terkungkung kayak biasanya di kelas. Tapi kan tetap ada tuntutan mengerjakan yang benar,” ujar Zubaidah.

Adapun soal itu tersaji di Koran Radar Malang hari ini. Dengan rincian 25 soal IPA, 25 soal matematika, dan 25 soal Bahasa Indonesia.

“Kalau kayak gini mereka kan nggak tegang. Kalau tegang kan konsentrasinya buyar. Ya nanti mungkin akan mencoba menggunakan metode ini di sana (ujian sekolah). Sambil dilihat dulu evaluasi try out kali ini,” bebernya.

Perlu diketahui, try out kejujuran ini bekerjasama dengan Disdikbud Kota Malang. Setidaknya sekolah di 33 Kecamatan Kabupaten Malang, 3 Kecamatan di Kota Batu, dan 5 Kecamatan di Kota Malang. Try out ini digelar sehari ini saja mulai pukul 08.00-10.00.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia