Try Out Kejujuran Ajak Siswa Berkompetisi Sehat

KOTA MALANG – Try Out Kejujuran yang digelar hasil kerjasama Jawa Pos Radar Malang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang lancar dilaksanakan, Jumat, (14/1). Disebut Nanik Sudarni, Wali Kelas 6 SDN Bandulan 3 Kota Malang ajang ini bagus untuk memacu siswa agar punya rasa kompetitif.

“Selain tentunya mereka bisa berkompetisi yang sehat, jujur dan sesuai kemampuan mereka,” tukas wanita berjilbab ini.

Try Out Kejujuran yang dihelat di sekolah yang ada di Jalan Bandulan Gang 9 No 593 Kota Malang itu berlangsung bebas. Tanpa dijaga satu guru pun.

“Tadi bahkan saya tinggal sebentar menengok siswa kami yang sedang ijin sunat,” papar Nanik.

Siswa mengerjakan di depan teras kelas 6. Ada pula yang mengerjakan di mushala sekolah. Mulai pukul 08.00 WIB tepat hingga 10.00 WIB, ujian selesai.

“Tadi awalnya kita semua mengerjakan di lapangan sekolah dengan karpet, tapi karena beberapa anak ada yang kepanasan, kita pindah di depan ruang kelas,” cerita Nanik.

Total 43 siswa dari Kelas 6 ikuti Try Out ini. Nanik dan beberapa siswa menemui kendala di beberapa soal. Menurutnya, ada satu dua soal yang kurang mix antara soal dengan jawaban.

“Di soal Matematika juga, gambarnya ukurannya kurang jelas, mungkin bisa diperjelas dan diperbesar. Tapi selain itu konsepnya bagus kok, anak-anak tertib tidak ada yang mencontek padahal nggak dijaga,” tandasnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: istimewa
Penyunting: Fia