Trump Yakin Hubungan AS-Tiongkok Bakal Cerah, tetapi Tebar Ancaman Terus

Tiongkok Pamer Senjata yang Bisa Lumpuhkan Industri AS - JPNN.COM

jpnn.com, WASHINGTON – Seakan tidak ada habisnya melakukan gempuran, kini Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memicu perang tarif dengan Tiongkok. Trump mengagresi’ Tiongkok dengan meningkatkan tarif impor sebesar 10 persen dari 300 miliar dolar AS per 1 September yang akan datang.

Diberitakan ChannelNewsAsia, tambahan tarif yang dicanangkan Trump akan meningkatkan tarif perdagangan ke hampir semua produk Tiongkok yang diimpor AS. Satu tahun yang lalu, Trump menciptakan perang dagang dengan Tiongkok dengan membatasi dan memberikan berbagai ‘tantangan’ bagi produk-produk Tiongkok yang diimpor oleh AS.

BACA JUGA: Manuver India demi Menangguk Untung dari Perang Dagang AS Vs Tiongkok

Selain meningkatkan tarif impor, Trump juga memberikan gertakan diplomatik kepada Tiongkok. Bila Presiden Xi Jinping tidak segera memberikan kesepakatan perdagangan dengan AS, maka Trump tidak segan untuk memberikan tarif tambahan.



“Kami menantikan untuk kelanjutan dialog positif dengan Tiongkok mengenai kesepakatan perdagangan yang komprehensif. Kami merasa bahwa masa depan antara kedua negara akan menjadi sangat cerah!” tegas Trump.

Diketahui, AS sendiri merupakan tujuan ekspor utama produk-produk Tiongkok. Disusul Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan. Sebagai dua raksasa ekonomi dunia, perang dagang antara AS dan Tiongkok tidak hanya akan memengaruhi ekonomi kedua negara, namun juga perekonomian global. (rmol/jpnn)

Sumber : RMOL.co