Truk Tersangkut di Tengah Rel KA Citayam, Perjalanan Kereta Terganggu

JawaPos.com – Truk pengangkut tanah tersangkut di perlintasan KRL 25 antara Stasiun Citayam – Stasiun Bojonggede, Minggu (13/1). Akibatnya, perjalanan KRL dua arah mengalami gangguan.

Vice President Communication PT KCI Eva Chairunnisa mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar 16.20 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Truk berhasil dievakuasi pada pukul 17.08 WIB. Sehingga badan truk sudah tidak menghalangi lintasan kereta.

“Truk yang tersangkut sudah berhasil dievakuasi dan tidak menghalangi lagi jalur perlintasan KA Commuter Line,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (13/1).

Meskipun situasi normal kembali dan KRL melanjutkan perjalanan, dampak dari peristiwa tersebut mengakibatkan antrian kereta di setiap stasiun jalur Bogor – Jakarta dan sebaliknya.



Untuk itu, PT KCI mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk mengutamakan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke dalam kereta yang telah penuh.

Dikatakan Eva, petugas di lokasi sudah memastikan kondisi seluruh prasarana perkeretaapiaan siap dilewati kembali oleh KRL. Atas kejadian itu, PT KCI mengajak kepada para pengendara yang akan melewati pintu perlintasan, hendaknya melakukan survei lebih dahulu.

Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah jalur yang akan dilewati sudah layak jalan atau tidak.

“Sebaiknya operator truk mengecek lebih dulu jika ingin melintasi pintu rel KA. Kalau operator truk tidak bisa mengendalikan, maka ini sangat menggangu perjalanan KA,” kata dia.

Disebutkan, kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya dalam sepekan ini. Dalam kurun waktu satu minggu, sudah ada dua kali truk yang tersangkut di perlintasan KRL.

“Ini telah terjadi dua kali dalam satu pekan terakhir dan merugikan puluhan ribu pengguna KRL yang terganggu perjalanan dan aktivitasnya,” kata Eva.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Wildan Ibnu Walid