Truk Lewat, Tiang Box Panel PJU Tumbang  

MALANG KOTA – Tiang box panel lampu taman dan penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Bandung tumbang. Diduga kuat penyebabnya tertabrak truk proyek. Namun, sopir truk tersebut tidak bertanggung jawab. ”Kami ingin ada yang ngawal saat truk melintas di tengah kota,” kata Kasi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Bidang PJU Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Malang Sapto di sela-sela mengevakuasi tiang box panel kemarin.

Menurut dia, pihaknya juga sudah mengecek closed circuit television (CCTV) di area jalan tersebut. Namun, kendaraan yang menerjang tiang tersebut tidak terdeteksi. Sebab, CCTV di lokasi ini tidak mengarah ke area tiang tersebut. ”Nggak kelihatan di CCTV, makanya kami akan selidiki. Tapi, berdasarkan laporan warga, kena truk trailer,” ucap pria yang menjadi ASN Pemkot Malang sejak 2005 ini.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan perbaikan tersebut tuntas sebelum malam hari kemarin. Salah satunya dengan mengambil box panel lain di kantornya. ”Kami akan segera perbaiki, biar nanti malam (kemarin malam) sudah bisa menyala,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengimbau agar kendaraan proyek juga mempertimbangkan keselamatan pengguna lain saat melintas di jalan raya. Termasuk saat ada kabel juga harus diperhatikan. ”Nggak boleh asal jalan, harus diperhatikan keamanan bersama,” ungkapnya. (im/c2/abm)