Trik Sederhana Hindari Penyakit Hepatitis A

KOTA MALANG- Hepatitis A kini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Pacitan dengan pengidap 954 saat ini. Mungkin jumlah pengidap tersebut akan terus bertambah. Pasalnya, penyakit infeksi hati ini sangat mudah ditularkan.

“Hepatitis A paling mudah tertular karena lewat makan atau minuman. Siapa sekarang yang nggak butuh makan dan minum? semua makan dan minum,” tuturnya.

Dengan mudahnya penularan tersebut, Plt. Kepala Puskesmas Kedungkandang, dr. Dini Titisari mengatakan, bukan tidak mungkin hepatitis A ini akan menghinggapi warga kota Malang.

Untuk itu, Dini menyarankan warga kota Malang untuk berhati-hati sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rajin cuci tangan.

“Kan kita ini tidak tahu menyentuh apa bisa aja tangan kita tidak sadar tersentuh benda yang ada virus hepatitis A-nya,” ujarnya.



Selain cuci tangan, Dini mengatakan, sebaiknya masyarakat kota Malang untuk selalu waspada dalam memilih bahan-bahan makanan yang mentah, seperti sayur, daging, atau buah-buahan.

“Pastikan itu bersih dan tidak terkontaminasi. Kalau bisa waspada saja ketika beli di emperan begitu. Dan buah-buahan juga harua dicuci bersih sebelum dikonsumsi,” kata Dini.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander