Trik Berolahraga bagi yang Super Sibuk

Olahraga jadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan bila ingin hidup sehat. Namun, kesibukan sering kali jadi alasan orang malas berolahraga. Padahal, olahraga bisa dilakukan hanya dengan waktu terbatas atau bahkan saat kamu bekerja sekalipun. Berikut trik yang bisa kamu coba agar tetap bisa berolahraga di tengah padatnya aktivitas.

1. Olahraga Singkat Pagi Hari
Usahakan bangun lebih pagi untuk melakukan olahraga. Tidak perlu lama, kamu bisa melakukan jogging atau jalan cepat 15–20 menit saja. Bagi kamu yang malas keluar rumah bisa melakukan HIIT (high intensity interval training). HIIT merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5–20 menit. Referensi tentang HIIT bisa kamu pelajari di internet Cheers Friends.

2. Jadikan Perjalanan ke Kantor sebagai Sarana Olahraga
Jangan selalu mengendarai kendaraan pribadi ke kantor. Jika jarak tempuh rumah ke kantor tidaklah jauh, cobalah untuk berjalan kaki atau bersepeda. Kamu bisa ikut klub atau komunitas bersepeda ke kantor. Selain berkeringat, kamu juga turut andil mengurangi kemacetan.

3. Cari Lokasi Parkir yang Jauh
Jika memang kamu terpaksa harus mengendarai mobil pribadi setiap hari, carilah lokasi parkir yang agak jauh dari kantor. Trik ini akan memaksamu berjalan kaki dan menggerakkan otot-otot tubuh. Jalan kaki adalah bentuk olah raga yang paling ringan, sederhana, dan murah. Coba jalan kaki ringan, kemudian perlahan percepat langkah. Latihan seperti ini jika dilakukan setidaknya 10–30 menit sehari akan menjaga kesehatan jantung, membakar kalori, dan mencegah osteoporosis. Oleh karena itu, sebaiknya simpan sepatu formalmu di bawah meja kantor. Gunakan sepatu olahraga selama perjalanan ke kantor.

4. Kurangi Naik Lift, Coba Pakai Tangga
Jangan terlalu memanjakan dirimu. Jika hanya butuh naik atau turun satu sampai dua lantai, biasakan gunakan tangga. Naik turun tangga adalah salah satu bentuk latihan yang dapat melatih organ kardiovaskuler, melatih pernapasan, dan memperkuat otot.



5. Jangan Makan Siang di Meja Kerja
Biasakan untuk aktif bergerak selama di kantor. Jangan terus-menerus duduk di meja kerja dan menghadapi komputer. Jika waktu makan siang tiba, coba untuk makan di luar kantor, atau berjalan mencari makanan yang belum pernah dicoba di sekitar kantor sambil bersosialisasi dengan teman kantor. Namun ingat, pilih jenis makanan yang sehat. Jika membawa makanan, bawa kotak makan ke kantin dan makan bersama-sama teman.

6. Ikuti Klub Sport di Kantor atau Lingkungan Rumahmu
Meski hanya seminggu sekali, ikuti saja klub olahraga di kantor atau lingkungan rumahmu. Biasanya, olahraga ini bersifat kelompok seperti futsal, bulu tangkis, atau senam. Selain olahraga, mengikuti klub ini juga membuatmu lebih bersosialisasi.

Selain berolahraga, penting untuk menjaga pola makan dengan makanan yang bergizi dan penuhi asupan cairan tubuh dengan Cheers Alkaline Powered setiap hari. Cheers Alkaline Powered diproduksi dengan teknologi Alpha Ion Alkalizer, menghasilkan air minum dengan pH basa (8–8,5) yang membantu menyeimbangkan pH tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Dengan Cheers Alkaline Powered kamu #BeraniBerkeringat.

Pewarta: Didik Harianto
Penyunting: Didik Harianto
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto