Triawan Munaf Diminta Jadi Komut Garuda Sejak Oktober Tahun Lalu

JawaPos.com – Komisaris Utama (Komut) baru PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) Triawan Munaf mengaku telah dihubungi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir untuk mengisi posisi Komisaris Utama di Garuda. Tawaran itu sudah dilayangkan sejak Oktober 2019.

“Prosesnya biasa saja. Saya dihubungi bukan oleh presiden tapi pak Erick. Dia menanyakan kesediaan saya menjadi Komut di Garuda,” ujarnya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1).

Ia menyebutkan bahwa pembicaraannya dengan Erick membahas terkait visi dan misi untuk meningkatkan citra dan kinerja perseroan yang tengah menurun. Pasalnya, sebelum itu, Garuda tengah diterpa berbagai persoalan, salah satunya adalah pembedakan laporan keuangan.

“Pesan-pesan itu disampaikan kepada saya dengan jelas dan akhirnya membuat saya mengatakan ‘ya’ setelah diskusi,” tutur dia.

Triawan menegaskan, ia akan mendedikasikan dirinya untuk mengawasi dan memberikan masukan perusahaan. “Paling penting kita menomorsatukan akhlak, dan bisnis ini kita jalankan demi kebahagiaan untuk negeri ini, jangan cuma untuk perusahaan saja tapi juga flight carrier (kenyamanan penumpang, Red). Ini yang harus dijaga, jangan cuma mikir untung dan rugi saja,” kata dia.

Seperti diketahui, Garuda merombak susunan struktur manajemen komisaris dan direksi. Keputusan itu disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung pada Rabu (22/1).

Perseroan menunjuk Irfan Setiaputra menjadi direktur utama menggantikan Ari Askhara. Untuk jajaran dewan komisaris, perseroan menunjuk Triawan Munaf sebagai komisaris utama.