Tren Kecantikan Korea Masih Dominan, Thailand dan Taiwan Mulai Hits

JawaPos.com – Tren kecantikan, khususnya di Asia, saat ini semakin beragam. Ada yang menjanjikan kulit bersinar, ada juga yang memberikan jaminan kulit berkilau. Beragam tren kecantikan dari berbagai negara di Asia ini dihadirkan dalam Pameran Cosmobeauté Indonesia 2019 pada 17 Oktober hingga 19 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center.

Ada lebih dari 400 brand kecantikan dari 370 perusahaan dari 14 negara. Terdapat tren make-up yang ditawarkan oleh 7 negara dari Tiongkok, Jepang, Korea, Polandia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Pantauan JawaPos.com, tren kecantikan a la Korea masih merajai pasar kosmetik dan skin care. Sedangkan beberapa tren kecantikan yang mulai masuk ke pasar lokal adalah Taiwan dan Thailand.

“Thailand sekitar ada 5 booth. Taiwan juga mulai banyak. Tapi Korea tetap masih mendominasi,” kata Event Director dari PT Pamerindo Indonesia Juanita Soerakoesoemah di lokasi.

Beberapa tren yang ditawarkan di event tersebut umumnya adalah kosmetik, skin care, dan alat-alat kecantikan. Ada pula metode tren kecantikan seperti tato alis dan tanam bulu mata.

“Banyak sih yang mau masuk dalam bentuk suntikan atau injeksi. Tapi kan semua harus ada label dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar aman bagi konsumen,” kata Juanita.

Di lokasi yang sama, Pakar Farmasi dan General Marketing Manager dari PT Nose Herbalindo Sri Rahayu menjelaskan, ada beberapa perbedaan tren make-up yang ditawarkan oleh setiap negara.

“Tentu berbeda dari kandungannya, dan hasil yang akan dicapai,” kata Sri Rahayu.

 

1. Tren Make-Up Korea
Korea memiliki tren make-up yang ringan. Untuk skin care, Korea menawarkan perawatan untuk kulit berkilau. Perawatan kulit wajah memiliki banyak langkah namun tetap ringan digunakan pada kulit.

 

2. Tren Make-Up Thailand
Ciri khas make-up Thailand lebih dramatis. Untuk skin care, Thailand menjanjikan hasil akhir putih. Make-up Thailand juga terlihat lebih ringan seperti penggunaan foundation, alis, lipstik dan perona pipi yang natural dan merona.

 

3. Tren Make-Up Taiwan
Tak jauh dari Korea, tren skin care Taiwan umumnya mencerahkan dan membuat berkilau kulit. Tujuannya untuk mengangkat kulit mati dan kulit lebih kenyal.

 

4. Tren Make-Up Jepang
Jepang lebih berani dalam hal penggunaan warna dan glitter. Tren kecantikan di Jepang lebih mengarah pada anti-aging karema harapan hidup masyarakat di Jepang semakin hari semakin tinggi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani