Transfer Persebaya Sudah Selesai, Tinggal Tunggu Abduh dan Angga

JawaPos.com – Persebaya Surabaya telah mendatangkan Hambali Tholib. Namun, pemain 19 tahun itu mungkin menjadi rekrutan terakhir Persebaya. Sebab, komposisi skuad Green Force –julukan Persebaya– sudah gemuk.

Saat ini ada 28 pemain dalam skuad Persebaya. Jumlah itu segera berkurang. Maklum, Osvaldo Haay dipastikan hengkang akhir Januari nanti. Dengan begitu, ada 27 pemain yang siap tampil. Bagi Aji, jumlah itu cukup untuk mengarungi kompetisi musim ini. ’’Tidak ada transfer pemain lagi. Ini sudah komplet,’’ kata Aji saat dihubungi Jawa Pos.

Persebaya Surabaya

Praktis, Persebaya kini tinggal menunggu kepastian transfer Angga Saputro dan Abduh Lestaluhu. Sejatinya, dua pemain itu sudah melakukan tanda tangan kontrak dengan Persebaya. Namun, Tira Persikabo juga mengklaim bahwa Angga dan Abduh masih menjadi pemain mereka.

Aji pun membeberkan kronologinya. Dia menjelaskan, tanda tangan kontrak dengan dua pemain tersebut dilakukan pada awal Januari. Artinya, Angga dan Abduh sudah berstatus tanpa klub. Sebab, kontrak Angga dan Abduh di Tira Persikabo kedaluwarsa pada akhir Desember 2019.

Karena itu, Aji yakin dua pemain tersebut berlabuh ke Persebaya. ’’Kita lihat saja nanti, tanda tangan kontrak dari siapa yang lebih diakui LIB (Liga Indonesia Baru),’’ tegas mantan pelatih Persela Lamongan itu. Kehadiran dua pemain tersebut memang sangat diharapkan Aji. ’’Kalau Angga dan Abduh datang (ke Persebaya), ya malah nggak ada penambahan pemain,’’ jelas Aji.

Artinya, Persebaya akan memiliki 29 pemain musim ini. Lalu, bagaimana jika Angga dan Abduh tidak jadi berlabuh ke Persebaya? Aji tak mau berandai-andai. ’’Dilihat saja dulu nanti seperti apa. Baru kemudian kami buat keputusan,’’ ujar pelatih 49 tahun tersebut. Toh, posisi kiper dan bek kiri saat ini sudah terisi. Di posisi kiper, ada Rivky Mokodompit, Ernando Ari, dan Rahmanuddin. Sementara itu, di bek kiri ada M. Nasir dan Rachmat Irianto.

Di sisi lain, Aji juga tahu bahwa Osvaldo akan hengkang akhir bulan ini. Sejatinya, dia ingin mempertahankan pemain 22 tahun itu. Tapi, Aji akhirnya memilih legawa. ’’Kami nggak boleh menyalahkan Osvaldo. Itu sikap profesional dia. Di dunia profesional, hal seperti itu nggak masalah,’’ jelas Aji.