Tradisi Vihara Duta Maitreya Sambut Imlek, Bagikan Makanan Gratis

JawaPos.com- Perayaan Hari Raya Imlek 2570 di Maha Vihara Duta Maitreya, Sungai Panas, Batam Centre, Batam, bakal penuh suasana suka ria. Tak hanya warga Tionghoa, Imlek tahun ini juga bisa dirasakan warga Batam secara umum.

Manajemen Maha Vihara Duta Maitreya membuat berbagai kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat dalam perayaan Imlek tahun ini. Salah satunya adalah agenda open house. Nantinya, semua pengunjung vihara bisa menyantap aneka makanan secara gratis saat perayaan Imlek. Penyelenggara turut menyediakan makanan halal agar bisa dinikmati oleh siapapun.

Tahun lalu, lebih dari 30 ribu piring disiapkan panitia. Untuk tahun ini jumlah makanan halal akan bertambah.


Vihara Duta Maitreya, Batam. (Bobi Bani/ JawaPos.com)

Open house di vihara tersebut merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan selama 10 tahun terakhir. Agenda itu tetap bertahan selama satu dasawarsa karena cukup signifikan menghadirkan harmonisasi dalam masyarakat.

“Ini sudah tahun ke-10, kami sudah jalankan sejak lama dan menjadi salah satu agenda utama. Bersama-sama masyarakat menjalin hubungan baik,” jelas manajemen vihara, Alfin, Selasa (29/1).

Alfin juga menjelaskan kalau mereka tidak memiliki undangan khusus. Mereka tidak membeda-bedakan orang yang datang saat prosesi makan bersama.

Selain open house, vihara juga memiliki agenda lain. Salah satunya adalah sembahyang yang dilakukan hingga malam hari menjelang perayaan Imlek. Prosesi sembahyang ini memiliki tujuan untuk mendoakan kemaslahatan bagi semua masyarakat Batam. Sekaligus menjaga harmonisasi di tengah keragaman yang ada di masyarakat.

Agenda lainnya adalah pemberian jeruk bahagia yang akan dibagikan pada hari pertama perayaan Imlek atau sebelum open house. Pemberian jeruk bahagia itu memiliki filosofi menghadirkan kebahagiaan di dalam masyarakat. Mereka yang memperoleh jeruk bahagia diharapkan bisa memperoleh dan menularkan kebahagiaan kepada orang lain.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Bobi Bani