Toyota 86 dan Subaru BRZ Terbaru Mulai Dirancang, Performa Lebih Buas

JawaPos.com – Toyota dan Subaru memang diketahui cukup mesra untuk urusan membangun mobil. Keduanya diketahui memiliki mobil yang dikembangkan bersama, yakni Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Nah, kabarnya, kini keduanya dikabarkan mulai memikirkan kembali 86 dan BRZ versi terbaru. Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari Autocar, Jumat (17/1), Toyota 86 dan Subaru BRZ sendiri sudah ada di pasaran sejak 2012 lalu. Karenanya, pembaruan keduanya dirasa perlu.

Laporan dari sumber terdekat perusahaan menyebut bahwa mobil baru sedang dikembangkan Toyota dan Subaru. Laporan yang diterbitkan oleh Autocar menyebut, mobil 86 dan BRZ anyar akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Transisi ke arsitektur baru dilakukan untuk memberi 86 dan BRZ kemungkinan penggerak roda belakang yang lebih baik. Diduga kuat, mobil-mobil tersebut akan mengalami perubahan substansial dibandingkan dengan model saat ini.

Sementara Toyota akan menyediakan platform, diyakini Subaru akan bertanggung jawab untuk memberikan sokongan tenaga dengan memasang mesin boxer empat silinder datar. Mesin disebut memiliki kubikasi 2,4 liter dan diperkuat dengan turbocharged.

Hitungan tenaga kuda diperkirakan akan meningkat dari saat ini berada di kisaran 200 hp menjadi lebih dari 255 hp. Torsinya juga diprediksi akan menonjol di putaran bawah berkat penerapan forced induction lewat turbocharged.

Sebagai penyegaran, Toyota 86 saat ini menawarkan torsi 156 pound-kaki (212 Newton-meter). Mobil diprediksi dapat melejit dari 0 hingga 62 mph (100 km/jam) dalam waktu 7,6 detik ketika dilengkapi dengan transmisi manual dan 8,2 detik untuk model otomatis.

Toyota dan Subaru juga bertekad untuk membuat beberapa perubahan di dalam, seperti kabin akan mendapat sentuhan dari material yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas yang dirasakan. Tidak hanya akan ada bahan yang lebih baik di seluruh interior, tetapi juga lebih bugar dengan sejumlah teknologi pendamping yang ditingkatkan.