Tolak Hari Libur Pekerja Rumah Tangga, Blogger Kecantikan Dikecam | JawaPos.com

Tolak Hari Libur Pekerja Rumah Tangga, Blogger Kecantikan Dikecam | JawaPos.com

JawaPos.com – Merek-merek kecantikan terkemuka memutuskan kontrak dengan seorang blogger asal Kuwait, setelah blogger bernama Sondos Alqattan mengatakan, pekerja rumah tangga tidak boleh diberi libur. Ini jelas bertentangan dengan reformasi untuk mengakhiri pelanggaran terhadap buruh di negara-negara Teluk.

Alqattan membuat turorial make-up yang didukung oleh merek-merek ternama di instagramnya, dengan jumlah pengikut sekitar 2,3 juta orang. Dia mendapat kritik tajam dari para warga net setelah mengkritik peraturan baru untuk melindungi sekitar 260.000 pekerja rumah tangga Filipina dari penganiayaan.

“Max Factor Arabia menanggapi insiden ini dengan sangat serius dan segera menangguhkan semua kolaborasi dengan Alqattan,” kata salah satu perusahaan make-up Max Factor Arabia, dilansir SCMP, Kamis, (27/7).

“Komentar Alqattan bersifat pribadi dan tidak mewakili nilai-nilai maupun prinsip-prinsip yang didirikan oleh Max Factor Arabia,” tambah perusahaan tersebut.



Kuwait dan Filipina menandatangani perjanjian pada bulan Mei yang memungkinkan pekerja rumah tangga untuk mempertahankan paspor mereka, yang biasanya diambil oleh majikan. Peraturan baru juga memungkinkan pekerja menolak untuk dipindahkan ke majikan lain tanpa persetujuan mereka.

“Bagaimana Anda bisa memiliki seorang pelayan di rumah yang menyimpan paspor mereka sendiri? Lebih buruk adalah mereka memiliki satu hari libur setiap minggu,” ujar Alqattan.

Alqattan membela komentar pertamanya di sebuah unggahan Instagram pada hari Senin, (23/7), dengan mengatakan, paspor dari setiap karyawan ekspatriat harus berada dalam kepemilikan majikan untuk melindungi kepentingan pengusaha. Dia juga menambahkan bahwa kita semua adalah manusia yang sama.

(iml/JPC)