Tol Mapan Terang di Pemukiman

PENGOPERASIONALAN sementara tol Malang–Pandaan (Mapan) tinggal dua hari lagi, tepatnya lusa (21/12). PT Jasa Marga Pandaan–Malang terus mengebut pengerjaannya. Termasuk pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

Di area exit tol Karanglo (Singosari) dan exit tol Lawang misalnya, sudah terpasang deretan PJU. Selain itu, pemasangan PJU juga dilakukan di ruas jalan yang dekat pemukiman. Misalnya, ruas jalan yang melintasi pemukiman di Desa Dengkol, Kecamatan Singosari. ”Kami juga memasang PJU di jembatan penyeberangan,” ujar Direktur Teknik (Dirtek) PT Jasa Marga Pandaan–Malang Siswantono kemarin (18/12).

Dengan konsep pemasangan PJU tersebut, dimungkinkan penerangan hanya terjadi di ruas jalan yang melintasi pemukiman. Sementara ruas jalan yang jauh dari pemukiman tidak terpasang PJU. Sesuai data yang dihimpun Jawa Pos Radar Malang, PT Jasa Marga Pandaan–Malang bakal memasang 367 titik PJU. Rinciannya, 153 titik PJU tunggal dan 214 titik lainnya adalah PJU ganda.

Meski ratusan PJU terpasang, namun belum difungsikan saat operasionalisasi sementara menyambut libur Natal dan tahun baru 2019. Sebab, pengoperasionalan selama 14 hari (21 Desember 2018–3 Januari 2019) hanya terbatas. Yakni dibuka pukul 07.00 hingga 17.00.

Sementara itu, Humas PT Jasa Marga Pandaan–Malang Agus Tri Antyo menambahkan, jalan tol masih proses konstruksi. Tapi sengaja dioperasionalkan sementara untuk mengurai kemacetan kendaraan di musim libur Natal dan tahun baru. ”Kami wajib membantu pemerintah untuk mengurai kemacetan, maka tol difungsionalkan,” kata Agus.



Copy Editor: Amalia
Penyunting: Mahmudan