TOL Mapan Seksi V Bakal Dioperasikan Liburan Natal dan Tahun Baru 2020

 

KOTA MALANG- Pembangunan fisik tol Malang Pandaan (Mapan) Seksi V saat ini rampung sekitar 80 persen.

Meskipun belum selesai, PT Jasa Marga Pandaan-Malang (PT JPM) bakal membuka jalur yang menghubungkan Kecamatan Pakis Kab Malang dengan Kecamatan Madyopuro, Kota Malang tersebut secara fungsional

Renacannya pembukaan tersebut bakal dilakukan pada momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, antara bulan Desember dan Januari 2020 mendatang.

“Meskipun belum rampung kami akan buka secara fungsional sesuai dengan keputusan pemerintah melalui Kementerian PUPR,” tutur Humas PT JPM Agus Tri Antyo kepada radarmalang.id, Rabu (30/10).

“Untuk tanggalnya saya belum tahu secara persis. Pokoknya antara Desember dan Januari dipastikan nantinya itu sudah 98% konstruksinya,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, alasan dibukanya jalan sepanjang 4,5 km tersebut untuk mengurai kemacetan kendaraan pada saat puncak liburan Nataru 2020.

“Itu pasti ramai dan rawan kemacetan di ruas Malang dan Kota Malang, untuk itu kita akan buka dulu secara fungsional,” ujar Agus.

Sebagai informasi, Sebagai informasi, Tol Malang Pandaan sepanjang 38,48 km ini dibagi menjadi lima seksi.

Dari lima seksi tersebut yang telah beroperasi dan telah menerapkan tarif ruasnya adalah seksi I-III. Untuk sisanya, seksi IV sudah rampung 100% pembangunan fisiknya namun masih belum bisa beroperasi dikarenakan belum keluarnya Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari kementrian PUPR.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Darmono

Editor: Indra M