Tol Mapan Buka Peluang Bisnis Logistik dan Transportasi di Malang Raya

Kresnayana Yahya menyampaikan materi dalam seminar Jalan Tol di Hotel UB

KOTA MALANG – Tol Mapan diprediksi akan memperlebar peluang bisnis logistik dan transportasi di Malang Raya. Pasalnya, tol yang memiliki nilai investasi 5,9 triliun ini merupakan satu-satunya jalan yang menghubungkan daerah Jawa Timur bagian utara menuju selatan. Potensi di 3 wilayah Malang Raya akan semakin melejit pasca beroperasinya Tol Mapan.

Hal ini disampaikan oleh Pakar Statistik ITS, Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc pada gelaran One Day Seminar yang digagas Jawa Pos Radar Malang dan Universitas Brawijaya di Hotel UB, Selasa (23/4). Ia megatakan, potensi laut di Kabupaten Malang sangat besar, mulai dari hasil laut hingga pemanfaatan sebagai tempat wisata.

Sedangkan di Kota Malang dan Kota Batu, basic kota pendidikan dan kota pariwisata akan meningkatkan konsumsi nilai logistik transportasi.

“Seperti yang kita tahu hasil laut, kemudian jagung, tebu, dan masih banyak lagi ada di wilayah Kabupaten Malang. Secara historis, suplai logistik dari Kabupaten Malang ini akan semakin murah kalau jalan tol sudah jadi,” paparnya.

Pertumbuhan bisnis logistik dan transportasi salah satunya juga karena akses pendidikan ke Kota Malang yang semakin mudah. Akses ke Malang yang dimudahkan oleh Tol Mapan akan menjadi tujuan favorit warga Tuban hingga Madura untuk mengenyan pendidikan tinggi.



“Akses pendidikan di Malang lebih baik daripada akses pendidikan ke daerah Jember. Wilayah Malang masih menjadi favorit jujukan warga Jawa Timur. Semakin banyak yang masuk ke Malang semakin maju pertumbuhan bisnis logistik dan transportasi,” sambung dia.

Lebih lanjut Kresnayana menerangkan bahwa jalan tol ini apabila 2 tahun lagi diperpanjang sampai ke Banyuwangi, maka akan menjadi backbone perdagangan Jawa. Sistem logistik nantinya akan menyatu. “Sehingga nanti kita akan menemui harga telur yang tidak akan jauh beda dengan asalnya,” pungkasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu