Tol Lawang–Purwodadi Tutup Sementara

KABUPATEN – Pengguna tol Malang–Pandaan (Mapan) sebaiknya berhati-hati. Jangan terlalu memacu kencang kendaraannya. Apalagi saat melintasi jalur Lawang–Purwodadi. Sebab, di Sumberwuni (Lawang) ada perbaikan jembatan.

Akibatnya, jalur di kilometer 79–78 diterapkan contra flow. Ruas jalan sisi timur yang seharusnya diperuntukkan bagi kendaraan dari Pandaan–Malang, mulai kemarin (22/5) pukul 17.00 diterapkan dua arah.

Manajer Mutu dan K3 PT Jasa Marga Pandaan–Malang Dina Yunanda menyatakan, contra flow berlangsung sejak pukul 17.00–24.00. Rencananya, rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contra flow di KM 79–78 itu berlangsung tiga hari. Yakni, pada 22–24 Mei.

Pasca pengerjaan tersebut, jalur kembali normal. ”Setelah contra flow itu normal lagi. Ya masih ada alat berat di satu sekmen, kami minta pengendara pelan-pelan,” imbuhnya.

Dina menjelaskan, rekayasa dilakukan karena pihaknya sedang menggarap jembatan penghubung antardesa di Sumberwuni, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. ”Ini pekerjaan tambahan permintaan warga sekitar tol,” terangnya.

Kemudian dilakukan penutupan jalur Purwodadi–Lawang pada Sabtu (25/5) pukul 21.00 hingga Minggu (26/5) pukul 05.00. Dengan demikian, kendaraan yang masuk dari tol Singosari menuju Pandaan harus keluar di exit tol Lawang. Kemudian bisa masuk lagi di tol Purwodadi. Begitu juga dari arah Surabaya, kendaraan harus keluar dari tol Purwodadi dan bisa masuk lagi dari tol Lawang menuju Malang. ”Untuk hari Sabtu malam itu karena ada pemasangan balok jembatan,” terang Dina.

Di hari Minggu-Senin, contra flow kembali diberlakukan. Jadwal dan mekanismenya persis dengan contra flow yang dilakukan pada Rabu–Jumat. Pengerjaan tambahan itu diharapkan selesai tepat waktu. Karena jadwal yang direncanakan, jalur kendaraan sudah normal di hari Selasa (28/5). ”Selasa nanti normal lagi,” pungkasnya.

Pewarta : Fajrus Shidiq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Mahmudan