Tokoh Islam Zaman Nabi yang Meninggal di Bulan Ramadan, Siapa Saja Mereka?

KOTA MALANG – Tahun ini tiga tokoh nasional meninggal di bulan Ramadan 1440 H/2019. Mereka adalah dai kondang Ustad Arifin Ilham, menteri agama di era Gus Dur yang juga tokoh Islam Prof Dr KH Tholchah Hasan serta ibu Negara Ani Yudhoyono.

Meninggal dunia saat bulan ramadan ada yang menyebut adalah berkah yang luar biasa. Karena di bulan ini pintu pengampunan dibuka seluas-luasnya.

Jika di Indonesia pada bulan Ramadan tahun ini ada tiga tokoh besar yang meningal dunia, rupa di bulan Ramadan pula sejumlah tokoh besar Islam meninggal. Siapa saja mereka?

1. Ali Bin Abi Tholib, saudara sekaligus sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Beliau meninggal pada tanggal 19 Ramadan lantaran dibunuh oleh ketika menjadi imam salat Subuh. Ali Bin Abi Tholib adalah salah satu sosok sangat penting dalam sejarah Islam. Beliau sejak awal selalu berada di belakang Nabi Muhammad untuk menegakkan panji-panji Islam. Mulai dari deretan peperangan besar sampai terpilihnya beliau menjadi khalifah yang keempat.

2. Khalid Bin Walid, jenderal besar ini juga meninggal di bulan Ramadan. Namanya begitu agung sebagai salah satu pemimpin peperangan paling hebat dalam sejarah Islam. Dari semua peperangan yang pernah dilakukannya, hampir tak sekalipun Khalid menelan kekalahan. Maka dari itu beliau pun mendapatkan julukan Pedang Allah. Selain perang momentum yang paling diingat dari seorang Khalid adalah ketika beliau diturunkan dari jabatannya oleh Khalifah Umar. Keputusan tersebut sangat berani mengingat Khalid tengah dalam puncaknya kala itu. Namun, tak ada dendam atau apa, sang jenderal dengan ikhlas hati turun dari posisinya. Hingga pada akhirnya beliau meninggal pada tanggal 18 Ramadan 21 Hijriah, bukan karena perang, tapi karena sakit.

3. Fatimah, adalah putri kesayangan Rasulullah juga meninggal di bulan Ramadan. Sama seperti sang suami, Ali Bin Abi Tholib. Fatimah meninggal pada tanggal 13 Ramadan tahun 11 Hijriah. Beliau meninggal karena sakit. Meninggalnya Fatimah sendiri hanya berjarak sekitar 6 bulan dari kematian Rasul.Tentang peran Fatimah dalam Islam, tentu kita tak bisa pungkiri kalau jasa beliau amat besar. Mulai sebagai perawi hadist, sampai perjuangannya di masa Islam berkembang. Tentang meninggalnya Fatimah, hal tersebut sudah diisyaratkan saat Nabi tengah menghadapi kematiannya. Beliau mengatakan jika Fatimah adalah keluarga pertama dari keturunan Rasul yang akan menyusul Nabi meninggal.

4. Nafisah Binti Hasan Al Anwar, cicit Nabi Muhammad guru Imam Syafi’i. Nama satu ini mungkin cukup asing bagi kita, tapi beliau adalah salah satu sosok penting dalam Islam. Ya, beliau merupakan guru dari banyak ulama fundamental, termasuk salah satunya adalah Imam Syafi’i, pencetus salah satu mazhab yang dipakai oleh jutaan Muslim dunia, termasuk yang ada di Indonesia.

Penyunting: Kholid Amrullah