Tokoh Agama Tual Apresiasi Pemilu yang Berlangsung Demokratis

JawaPos.com – Tokoh agama Muslim dan Kristen Tual, Maluku mengaku puas atas pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Tual. Hal ini dikarenakan proses pentahapan Pemilu 2019 yang dimulai dari tahap pecalonan, kampanye, hari pencoblosan, maupun rekapitulasi hasil Pemilu berjalan baik. Mulai dari tingkat TPS, PPK, hingga Rapat Pleno di KPU Kota Tual berlangsung dengan aman, terbuka, jujur dan adil.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tual, H. Ahmad Kabalmay mengatakan Pemilu 2019 di Kota Tual berlangsung sukses. Selain aman, rekapitulasi juga dilakukan secara transparan sehingga para pihak bisa menerima hasilnya.

“tidak dipungkiri bahwa terdapat insiden berupa protes dari beberapa pihak, namun semuanya dapat terselesaikan sesuai aturan main” jelasnya.

Senada dengan Ketua MUI, Ketua Klasis GPM Kota Tual Pendeta Frans Yosep Syahilatua juga mengikuti dan memantau seluruh proses pelaksanaan pemilu di kotanya. Dia membenarkan kalau hasil pemilu di Tual bisa diterima oleh semua pihak.



“saya mengapresisasi masyarakat Kota Tual yang telah mensukseskan Pemilu 2019 di Kota Tual dengan aman dan lancar serta demokratis,” paparnya.

Lebih lanjut Pendeta Frans berharap agar masyarakat Kota Tual tetap menjaga situasi Kamtibmas yang sudah baik. Setidaknya, sampai kepada keputusan hasil Pemilu pada 22 Mei nanti. “Semoga keamanan tetap terjaga hingga 22 Mei,” tuturnya.