TNI Siap kawal pendistribusian surat suara

TNI Siap kawal pendistribusian surat suara

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat memberikan keterangan terkait pengaman Pilkada Setentak di Makassar, Selasa (27/3)
(Sahrul Ramadan/RADAR MALANG ONLINE)

RADAR MALANG ONLINE – Upaya pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentek 2018 di Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berjalan. Polda Sulsel bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam waktu dekat akan mengecek langsung lokasi percetakan surat suara.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan suara suara sesuai kuota. Apabila dalam pengecekan ditemukan surat suara yang lebih atau rusak, maka akan langsung di musnahkan.

“Kami bersama tim akan langsung berangkat langsung ke Surabaya untuk mengecek langsung proses pencetakan surat suara. Jangan sampai ada kelebihan kertas suara di pabrik tersebut. Itu rawan bisa dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk menambah jumlah suara nanti,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa (27/3).

Polisi juga telah berkoordinasi dengan TNI, KPU dan seluruh unsur yang terlibat dalam proses pendistribusian surat suara. Khususnya untuk pulau-pulau terpencil di Sulsel.

“Kami sudah kerja sama dengan KPU untuk bagaimana pendistribusian baik darat maupun di laut. TNI akan back up dengan kapal perang kalau memang kondisi pulau itu bahaya. Di sini, pulau terjauh itu di wilayah Pangkep. Itu nanti diperketat,” jelas Dicky.

Sebelumnya, Panglima Armada Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono menegaskan, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk mengawal proses pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Sulsel.

“Kami sudah mendapatkan TR untuk pengamanan pilkada serentak nanti. Kami melaksanakan pengamanan. Kami siapkan kapal-kapal perang, perintah dari Panglima TNI untuk melaksanakan dukungan pengamanan. Khususnya untuk logistik. Semua kami sudah siapkan,” tegasnya.


(rul/JPC)