TNI AU Buka SMA Unggulan

MALANG KOTA- Para pelajar SMP yang ingin menjadi anggota TNI Angkatan Udara sebaiknya melanjutkan sekolah di SMA Pradita Dirgantara. Ini adalah sekolah khusus yang dikelola TNI AU untuk mencetak calon perwira-perwira AU yang hebat.

Nah, untuk mengenalkan sekolah unggulan tersebut, kemarin Kepala Sub Seksi Pendidikan Personel (Kasubsidikpers) Sibinpers Dispers Mayor Adm I Dewa Gede AJK melakukan sosialisasi di SMPN 5 Malang dan SMPN 1 Malang. SMA Pradita Dirgantara membuka pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2019–2020 mulai 1 sampai 31 Januari 2019.

SMA unggulan ini merupakan gagasan dari kepala staf Angkatan Udara yang sekarang menjabat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP. ”Harapannya sekolah ini menghasilkan calon-calon pemimpin yang mempunyai karakter kuat, cerdas, kreatif, dan visioner bercirikan kedirgantaraan,” terang I Dewa Gede.

Dalam sosialisasi tersebut, I Dewa Gede menyampaikan, selama proses pendaftaran tidak dipungut biaya. Tata cara pendaftaran melalui jalur prestasi dikhususkan bagi siswa SMP yang memiliki prestasi-prestasi peraih medali olimpiade sains tingkat internasional, seperti IMO, IphO, IBO, dll, peraih medali emas olimpiade sains nasional (OSN), serta peraih medali emas lomba matematika dan bahasa Inggris.

Adapun materi seleksi yaitu administrasi, akademis meliputi bahasa Inggris. matematika, IPA, kesehatan (kesehatan umum dan kesehatan jiwa), psikologi, TPA, dan wawancara. Selain itu, beberapa persyaratan dan standar masuk SMA Pradita Dirgantara di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI) laki-laki/perempuan, lulusan UN SMP/sederajat TP 20118/2019, nilai rapor semester I s.d. V untuk mata pelajaran bahasa Inggris, matematika, dan IPA rata-rata minimal 90 tiap semester dan lain-lainnya yang bisa diakses di laman sma.praditadirgantara.sch.id.



Nampak para siswa yang hadir dalam sosialisasi tersebut sangat antusias. Acara yang ditutup dengan tanya jawab tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta menarik minat murid maupun orang tua yang memiliki putra dan putri yang saat ini bersekolah di SMP. Sehingga mereka memiliki pilihan untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan SMA di sekolah unggulan TNI AU, yaitu SMA Pradita Dirgantara.

Pewarta              : Nenny
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         :  Andul Muntholib
Fotografi            :  Lanud ABD Saleh