Tips yang Harus Kamu Tahu agar Berinternet Aman dan Nyaman

JawaPos.com – Perkembangan internet hampir tanpa batas. Beragam konten bisa dibuat dan ditemukan di internet mulai dari yang memberikan manfaat positif hingga membawa dampak negatif. Platform-nya pun demikian. Menyikapi kedalaman jagat maya ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berinternet bisa menyenangkan, aman, dan nyaman.

Staff Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi menuturkan, pertama agar berinternet bisa lebih menyenangkan adalah mengenali platform yang digunakan. Mengenali artinya ada fitur-fitur keamanan yang sebenarnya sudah tersedia di platfrom digital tersebut.

“Misalnya Google yang memiliki fitur pengaturan keamanan. Itu pertama. Jadi harus mengenal dulu platfrom digital yang digunakan,” ujarnya kepada JawaPos.com di Jakarta belum lama ini.

Tips kedua, yang juga penting untuk diperhatikan adalah harus mengetahui rambu-rambu dan etika ketika berselancar di internet. Etika berselancar di internet ini sebetulnya sama dengan etika kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kita harus menjaga untuk tidak melakukan bullying.



“Di internet juga sama, kita juga harus menjaga perasaaan orang lain. Tidak melakukan hate speech, tidak melakukan tindakan-tindakan yang sebetulnya secara etika itu tidak pas dilakukan,” sambungnya.

Tips ketiga, agar berinternet bisa lebih menyenangkan dan aman, menurut Dedy, adalah kita tidak boleh kalah pintar dari teknologi. Artinya, kecanggihan teknologi juga harus dibarengi dengan kecerdasan penggunanya.

“Kita juga bisa meng-upgrade diri kita untuk memiliki empat hal, yakni knowledge, skill, value, dan attitude. Pengetahuan kita harus cukup di dalam menggunakan internet. Skill yang mumpuni untuk berselancar di internet juga penting di samping value atau nilai kita sebagai manusia dan di mana kita berada, attitude-nya bagaimana, tidak memuat dan membuat konten negatif,” jelasnya.