Tips Buat Bunda Agar Penuhi Kecukupan Gizi Anak Saat Sarapan

Para siswa SDN Sukamaju 01 Pagi di Jonggol Kabupaten Bogor saat sarapan di sekolah bersama Indofood dan Pergizi Pangan

Kegiatan ini menyasar 12.600 siswa Sekolah Dasar, 525 guru SD, 840 orang tua, 490 mahasiswa dan Dosen di tujuh kota di Pulau Jawa. Ketujuh kota tersebut adalah Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Purwokerto, Sidoardjo, dan Jember. Kegiatan yang dilaksanakan di bulan April hingga Mei ini, dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Gizi Nasional dan Pekan Sarapan Nasional (PESAN).

Catatan Pergizi Pangan Indonesia tahun 2012 menunjukkan prevalensi bahwa ada anak-anak dan remaja tidak biasa sarapan sebanyak 16,9 persen-59 persen dan pada orang dewasa 31,2 persen. Catatan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) juga menyimpulkan 7 dari 10 anak usia sekolah belum memenuhi gizi sarapan.

“Kami terus mengedukasi kepada masyarakat, yang meliputi siswa SD, orangtua, guru, mahasiswa dan dosen. Tahun ini sudah ke empat kalinya. Bahwa sarapan itu penting,” kata Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Dr Hardinsyah MS di SDN Sukamaju Jonggol, Bogor, Jumat (27/4).

Hardinsyah meminta agar para orang tua membiasakan sarapan sehat pada anak yaitu kegiatan makan dan minum yang aman dan bergizi. Sarapan harus memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi sebelum beraktivitas atau sekolah, maksimal sebelum jam 9 pagi.

“Sarapan yang baik itu sesuai kebiasaan orang Indonesia antara jam 06.00-09.00 pagi,” ungkapnya.



Sementara itu Head of Corporate Communications Indofood, Stefanus Indrayana menjelaskan makanan dengan gizi seimbang akan mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak sehingga mereka akan menjadi generasi yang sehat dan cerdas. Pihaknya mengajak keluarga Indonesia untuk sadar gizi.

“Sajikan sarapan yang bervariasi dan lengkap unsur gizinya,” katanya.

Pada kegiatan ini, Indofood menyajikan alternatif menu sarapan dengan gizi seimbang berupa Indomie Goreng sebagai sumber karbohidrat dilengkapi dengan telur untuk protein dan sayur. Menu untuk anak-anak juga dilengkapi dengan susu.


(ika/JPC)