Tiongkok Kembali Pamer Kekuatan di Laut Cina Selatan

Tiongkok Kembali Pamer Kekuatan di Laut Cina Selatan - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, BEIJING – Puluhan kapal Angkatan Laut Tiongkok melakukan latihan minggu ini bersama kapal induk dalam rangka menunjukkan kekuatan besar Tiongkok di laut lepas Hainan, Laut Cina Selatan.

Planet Labs menunjukkan gambar-gambar yang mengonfirmasi kelompok kapal induk Tiongkok telah memasuki jalur perdagangan penting dengan alibi melakukan latihan tempur yang menjadi bagian dari latihan rutin tahunan.

Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan, kelompok kapal induk Liaoning telah melintasi Selat Taiwan akhir pekan lalu. Foto-foto yang diambil pada Senin itu menunjukkan setidaknya terdapat 40 kapal induk dan kapal selam yang mengapit kapal induk Lioning.

Hal tersebut menunjukkan kekuatan militer Tiongkok yang semakin meningkat. Kapal induk tersebut berlayar dengan garis formasi yang lebih cocok sebagai propaganda visual, seperti dilansir Reuters, Selasa (27/3).

Pakar Keamanan di Institut Studi Strategis Meddleburry yang berbasis di California, Jeffrey Lewis mengonfirmasi, operator kapal-kapal tersebut bergabung dengan latihan bersama kapal induk tersebut.

“Ini adalah gambar yang luar biasa dan menjadi berita besar untuk saya. Sudah terkonfirmasi bahwa kapal tersebut berpartisipasi dalam latihan bersama,” lanjutnya.

Kementerian Pertahanan Tiongkok tidak segera menanggapi karena tidak jelas akan arah tujuan armada tersebut dan berapa lama operasi tersebut akan berlangsung. (ina/ce1/iml/trz/JPC)

Sumber : RADAR MALANG ONLINE