Tinjau Penerapan Pendidikan Karakter, Sutiaji Bilang Begini

KOTA MALANG – Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi fokus Pemkot Malang dan Dinas Pendidikan kota Malang untuk diterapkan pada siswa Sekolah Dasar Negeri atau pun swasta di Kota Malang.

Kesemua SDN atau swasta di Kota Malang pun sudah menerapkan program tersebut sejak dimulainya tahun ajaran baru 2019/2020 ke siswa kelas 1.

Selang satu bulan setengah penerapan, Wali Kota Malang, Sutiaji menengok hasil sementara dari program tersebut. Kali ini, ia bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah ,MM.  mengunjungi SDN Mulyorejo 2, Senin (26/8).

“Dari hasil tinjauan kali ini saya kira sudah bagus. Pendidikan karakternya juga sudah mulai terlihat,” tutur Aji, sapaan akrabnya.

Buktinya, sambung politikus Partai Demokrat itu, sebagian besar siswa SDN Mulyorejo 2 sudah bisa menunjukan kesantunan.



“Mereka salim juga sudah benar tadi saya lihat, juga sudah terbiasa cuci tangan dan berdoa sebelum makan, dan tertib juga masuk kelasnya tadi itu,” tutur Sutiaji.

Bahkan, para murid juga menunjukan kejujurannya dengan tidak mengambil uang yang terjatuh.

“Saya tadi kan sempat ngetest, saya jatuhkan uang. Lah ada salah satu siswa yang mengembalikan itu ke gurunya. Jadi ini sudah bagus penerapan pendidikan karakternya dan harus dibiasakan,” tuturnya.

Namun, ujar Sutiaji, hasil tinjaunnya kali ini meskipun bagus tidak bisa menjadi barometer kesuksesan Program PPK yang baru diterapkan tahun ini.

“Ini masih satu sekolah dan belum dua tahun kan? Ya masih proses. Kita tunggu saja hasilnya nanti pada tahun ke tiga saya ingin lihat,” ujarnya.

Untuk itu, Sutiaji mengatakan kalau dirinya bakal rutin mengunjungi SD lain untuk meninjau program PPK ini.

“Kita harus terus mendampingi sekolah untuk mendidik akhlak yang mulia ini. Saya akan ngunjungi sekolah lain secara berkala insya Allah,” tuturnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia